(Sumber gambar: Freepik.com)

Hai FatsOenist! Kali ini kita akan bahas tentang exchange. Kalian sudah tau belum apa itu exchange? Yap, benar sekali, exchange adalah yang biasa kita kenal sebagai program pertukaran pelajar.

Wahh.. makin asyik nih, apalagi yang ingin belajar sekaligus mengenal negeri orang, yah! Apalagi kalau gratis alias beasiswa. Nah, jadi makin semangat kan menimba ilmu. Eits, terus gimana yah cara mengikutinya? 

Ali Misri, Ketua Jurusan Tadris Matematika IAIN Syekh Nurjati Cirebon mengatakan bahwa pemerintah telah menggalakkan program pertukaran pelajar. Di mana, mahasiswa dapat mengajukan diri ke bagian administrasi kampus. 

"Namun karena program ini terbilang baru (pertukaran pelajar) sehingga perlu disempurnakan," pungkasnya.

Kita doakan saja, ya, semoga hal ini bisa cepat teratasi, Aamiin. 

Oh iya bicara soal administrasi kira-kira apa aja ya yang perlu disiapkan?

1. Transkip nilai, nah ini juga bisa menggunakan jasa penerjemah tersumpah, agar kelegalannya terjamin. Apalagi kalau mau ke luar negeri, juga agar lebih terpercaya untuk diajukan ke kampus tujuan exchange.

2. Sertifikat bahasa seperti TOAFL, TOEFL, dan IELTS lazim digunakan meskipun bukan dari negara yang tidak menggunakan bahasa Arab dan Inggris sebagai bahasa ibu negara tersebut.

3. Pasport dan visa, kalo ini jangan sampai ketinggalan ya, apalagi kalau kita mengunjungi langsung kampus tujuan.

Lantas kalau hanya dalam jaringan saja karena kondisi pandemi seperti apa?

Jika ditelusuri dari lembaga Pusat Pengembangan Bahasa sebenarnya itu tergantung kebijakan masing-masing. Apalagi kalau kamu memilih jalur beasiswa. 

Okey... sekian dulu ya bincang-bincang kali ini dan pantau terus www.fatsun.id untuk informasi teraktual dan menarik selanjutnya! 


Penulis: Shally Nazzilah 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama