PROFIL

FATSUN.ID merupakan situs media daring yang dimiliki oleh Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) FatsOeN IAIN Syekh Nurjati Cirebon. 


Sekilas mengenai LPM FatsOeN

Berawal dari kesadaran akan pentingnya sebuag lembaga pers yang dikelola oleh mahasiswa, sebuah lembaga penerbitan yang akan menjadi wadah kreatifitas, sumber informasi sekaligus kontol sosial di lingkungan kampus, ada sekelompok mahasiswa yang terobsesi ntuk mewujudkannya.

Keinginan tersebut semakin bertambah setelah menyaksikan bagaimana kondisi kreatifitas mahasiswa pada universitas atau perguruan tinggi lain yang telah memilikinya, kreatif, kompetitif dan maju!
Untuk itu, Sugiono Abdurrahman, Bintang Irianto Dan Mahmud Sobri (aktifis teras STAIN era 1996-1998) berinisiatif untuk membentuk sebuah Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang konsen dalam bidang pers.


Setelah silang pendapat yang cukup lama (sejak Januari hingga April 2000), di sepakatilah terbentuknya Lembaga Pers Mahasisawa (LPM) dengan nama FatsOen. Tanggal 15 Juni 2000 M yang bertepatan dengan momentm Maulid Nabi Muhammad SAW, tanggal 12 Rabiul Awal 1421 H, LPM FatsOeN dideklarasikan sebagai Lembaga Pers Mahasiswa di STAIN Cirebon dan satu-satunya di wilyah III Cirebon, Saat itu.


Nama FatsOen sebenarnya di amblil dari nama sala satu kolom Nurcholis Majid pada sebuah media nasional. Kata FatsOen sendiri berasal dari bahasa sansekerta yang berarti Etika, namun ada juga yang mengatakan Fatsoen berasal dari sebuah kosakata bahasa belanda. Pada perkembangannya, kata tersebut diserap menjadi sebuah kosakata bahasa Indonesia, Fatsun arti dan maknanya tidak berubah, sopan santun.
Namun nama Fatsun tidak terbatas pada sopan santun dalam lingkungan pergaulan antar manusia yang bersifat pribadi.

Fatsun justru lebih banyak dibapakai untuk menggambarkan corak sopan santun pergaulan dalam publik hingga kita kenal istilah Fatsun Politik, Fatsun Organisasi juga fatsun hubungan Internasioanl.

Post a Comment