Ilustrasi Foto: Pinterest 

Menjaga kebersihan merupakan kewajiban bagi setiap muslim, hal tersebut sebagaimana telah disampaikan oleh Nabi Muhammad SAW dalam hadist "kebersihan itu sebagian dari iman,"

Untuk menjalankan kewajiban tersebut tentu seharusnya dimulai dari hal-hal kecil, salah satunya adalah kebiasaan membuang sampah pada tempatnya.

Sayangnya sebagian dari orang menganggap hal tersebut merupakan hal yang sepele dan memiliki dampak yang kecil. Padahal hal yang dianggap sepele tersebut akan menjadi sebuah kebiasaan jika dilakukan secara rutin dan bertahap. 

Selain itu kebersihan lingkungan sekitar juga dapat mencerminkan bagaimana kebersihan setiap individu yang menduduki atau melakukan aktivitas di lingkungannya. Misalnya saja di sekitar sekolah, jika sekolah tersebut bersih maka dapat dipastikan bahwa semua warga menjaga kebersihan sekolah tersebut. 

Hari jumat kemarin Saya mendatangi salah satu daerah di Cirebon, di daerah tersebut banyak sampah yang berserakan namun Saya juga menyoroti ketersediaan tempat sampah di area yang saya kunjungi tersebut sangat minim. Jika dibandingkan antara banyaknya sampah dengan tong sampah, maka kebanyakan adalah sampah. 

Artinya, bisa jadi orang-orang membuang sampah sembarangan karena memang kurangnya ketersediaan tempat sampah di sekitarnya.

Sebagai upaya menjalankan misi keimanan mengenai kebersihan ini, kebiasaan membuang sampah sembarangan secara perlahan harus kita tinggalkan. Salah satu caranya adalah mengajarkan kepada anak-anak mengenai pentingnya disiplin dalam membuang sampah pada tempatnya dan menjaga lingkungan sekitar. 

Untuk menerapkan upaya tersebut maka tentu sarana prasarana dianggap sangat penting untuk keberlangsungan pembiasaan membuang sampah pada tempatnya. Salah satunya adalah ketersediaan tong sampah di setiap lingkungan. Kalau misal di lingkungan sekolah minimal satu kelas memiliki satu tong sampah. Selain itu bisa dibuat aturan penghuni kelas harus senantiasa bertanggungjawab menjaga kebersihan serta membuang sampah pada tempatnya. 

Mengenai masalah pengelolaan sampah memang menurut Saya belum menemukan solutif yang tepat, kalaupun ada pasti masalahnya karena tidak bisa konsisten. 

Maka dari itu, mari kita saling mengingatkan untuk mulai mencintai lingkungan dengan cara disiplin membuang sampah pada tempatnya.


Penulis: Zahra Mega 

Editor: Meina Maspupah


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama