Dokumentasi Lembaga Riset Mahasiswa FSEI (dok/istimewa).


Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam IAIN Syekh Nurjati Cirebon sudah memiliki lembaga riset mahasiswa. Lembaga riset mahasiswa tersebut bernama Istiqro. 

Istiqro memiliki arti " baca," dalam hal ini diharapkan para anggota LRM Istiqro mampu membaca permasalahan sosial yang ada dilingkungan sekitar. 

Lembaga Riset Mahasiswa (LRM) Istiqro secara nonformal sudah berdiri pada 24 Mei 2019, namun baru disahkan pada 06 Desember 2019 dengan Surat Keputusan (SK) Nomer 3347/in.08/F.II/PP.00.9/12/2019, yang dikeluarkan oleh Dekan Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

Menurut Ketua LRM Istiqro Muhammad Fadil, pihaknya mengatakan bahwa LRM Istiqro sudah menggelar sekolah riset sosial sebanyak dua kali. 

"Kita sudah melaksanakan sekolah riset sosial sebanyak dua kali," Ujar Ketua LRM Istiqro, saat diwawancarai reporter LPM FatsOeN. 

Tujuannya diadakan sekolah riset sosial menurut Muhammad Fadil, sebagai bahan latihan bagi mahasiswa untuk dapat mengenal setiap permasalahan yang terjadi ditengah-tengah masyarakat. 

"Ya sebagai latihan untuk pengenalan lapangan, sebagai mahasiswa diharapkan dapat dekat dengan masyarakat, karena mahasiswa setelah lulus harus bisa mengabdi kepada masyarakat," ucap Muhammad Fadil. 

Pada bulan Desember tahun 2019, LRM Istiqro menggelar sekolah riset sosial di lima desa yang berbeda, diantaranya  Desa Ambulu, Desa Tawangsari, serta Desa Panembangan Kabupaten Cirebon, dan di Desa Sagarahiang dan Desa Cisantana Kabupaten Kuningan.

Setelah melakukan riset lapang, mereka para peneliti yang terlibat akan memaparkan hasil laporan risetnya, melalui ekspose data. Lalu, dari hasil laporan riset tersebut akan dibuatkan dalam satu file draft laporan hasil riset bersama. 

Dalam perjalanannya, sampai dengan saat ini LRM Istiqro tercatat sudah memiliki anggota sebanyak 45 orang, yang terdiri dari berbagai macam kalangan, serta satu-satunya fakultas di lingkungan IAIN Syekh Nurjati Cirebon yang sudah memiliki lembaga riset khusus bagi mahasiswa.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama