Pandemi Covid-19 atau lebih dikenal dengan virus corona ini sangat berpengaruh besar terhadap segala sektor termasuk ekonomi. Saat ini masyarakat mengalami perubahan dalam skala besar dimana digital menjadi sebuah alternatif andalan dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari. Segala aktivitas masyarakat banyak dipusatkan dirumah, semua itu  mengubah aktivitas perdagangan, distribusi produk dan jasa di semua industri. Dalam era ekonomi digital, informasi bukanlah sekedar media untuk bertransakasi, melainkan menjadi salah satu sumber yang bisa mendatangkan profit.

Ekonomi digital berhasil menjadi penopang dan penyelamat ekonomi khususnya bagi pedagang milenial. Ekonomi digital mampu menyediakan akses yang sangat luas, mulai dari pengecekan persediaan barang, metode pembayaran dan transaksi lainnya. Keberadaan ekonomi digital mampu mendorong pertumbuhan ekonomi dan meningkatkan daya saing produk dam jasa dalam sebuah usaha.

Tapscott menjelaskan bahwa ekonomi digital adalah system ekonomi dengan sebuah ciri khas dan dipengaruhi oleh berbagai akses instrumen serta pemrosesan dari informasi serta kapasitas komunikasi yang dibentuk. Ekonomi digital ini memberikan kesempatan bagi masyarakat yang ingin melakukan usaha.

Saat ini, pelaku usaha mulai dari yang mikro sampai dengan makro sudah melirik digital. Banyak flatform yang bisa digunakan, seperti tokopedia, shopee, bukalapak, lazada, dan lain-lain. Beberapa kemudahan yang dihasilkan diantaranya, kemudahan transaksi, akses jual beli yang luas, kecepatan proses, banyak produk yang bisa ditemukan, dan memilih metode pembayaran. Dengan ekonomi digital semua jenis transaksi dan proses jual beli menjadi lebih fleksibel.

Selain itu, ekonomi digital juga memiliki peran dalam antisipasi penyebaran virus Covid-19. Himbauan pemerintah untuk selalu mematuhi protol kesehatan, yakni rajin mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak menjadikan ekonomi digital sebagai alternatif untuk mendukung pemerintah dalam menanggulangi penyebaran virus korona.

Ekonomi digital saat ini membuat pelaku usaha berinovasi untuk bisa bertahan di masa pandemi. Mereka mulai menjalankan perdagangan online. Perusahan kecil sekalipun kini memanfaatkan digital karena hanya aktivitas ekonomi digital yang mampu bertahan di masa pandemi.

Perdagangan online yang dilakukan beberapa pelaku usaha yang menawarkan produknya untuk menarik konsumen dan meningkatkan pendapatan. Dengan begitu, pelaku usaha dapat meningkatkan profit dan memperluas jaringan agar toko online-nya semakin berkembang.

Fitur-fitur penting yang digunakan di toko online bisa membuat konsumen nyaman dan tertarik untuk berbelanja. Fitur-fitur tersebut antara lain, keranjang belanja, situs web toko, logo toko, halaman promo, foto dan video produk, percarian item, gerbang pembayaran, ongkos kirim dan layanan bantuan untuk konsumen.

Selain memperhatikan fitur di flatform toko online, pelaku usaha online juga bisa memanfaatkan internet dalam pemasaran dan promosi. Misalnya saja dengan memposting produk dengan konten yang bagus dan copy writing yang dapat menarik konsumen.

Selain fitur, ada beberapa aspek yang harus dipenuhi dalam membangun bisnis ekonomi digital. Pertama, konektivitas dalam strategi pembangunan bisnis. Kedua, perbanyak data konsumen untuk meningkatkan pendapatan. Ketiga, buat sistem pembayaran yang mudah dan efisien.

Ekonomi digital begitu sangat berpengaruh untuk memajukan perekonomian Indonesia. Dampak positif dari aktivitas ini yaitu produktifitas semakin meningkat, pertumbuhan ekonomi akan lebih tinggi, mempermudah kegiatan pemasaran produk dan menjangkau pasar lebih mudah. Meskipun begitu, aktivitas ini tidak selamanya berjalan dengan baik. Banyak gangguan dan kendala didalamnya. Kurangnya sumber daya manusia yang berkualitas dalam penggunaan transaksi digital misalnya dalam membuat portal khusus untuk kemudahan transaksi.

Dampak yang mungkin saja terjadi misalnya aksi tipu menipu ketika proses jual beli, gangguan jaringan, dan transaksi tanpa tatap muka menjadikan timbul rasa kekhawatiran konsumen.

Dalam mengatasi hal itu, perlu adanya kerjasama yang lebih baik lagi. Dampak baik dari ekonomi digital akan banyak didapatkan jika bisa menggunakan dan  memanfaatkannya dengan benar.

Ekonomi digital sangat berperan banyak di masa pandemi ini, dimana saat ini tekhnologi mampu mempengaruhi segala aspek kehidupan di dunia. Dengan adanya ekonomi digital ini segala bentuk usaha yang dilakukan konvensional bisa menjadi smart business yang memanfaatkan tekhnologi.

 

Penulis: Nepri Restiyanti, Mahasiswi IAIN Syekh Nurjati Cirebon.


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama