(Sumber Gambar: Freepik.com)

Sudah bukan bahasan biasa lagi pada zaman ini jika berbicara tentang insecure. Lazimnya, rasa insecure merupakan rasa kurang percaya diri dan kurang bisa menerima kekurangan diri sendiri, padahal jika kamu ingat kodrat manusia itu merupakan makhluk yang tidak sempurna, maka kamu akan merasa statement ini yang tumpang tindih, bukan?

Jika kamu berkaca pada diri sendiri, apa yang kamu lihat? Yap, diri kamu seutuhnya. Tentunya tidak menghilangkan kekurangan yang sejatinya menetap dalam diri kamu. Jika kamu terus menghakimi diri sendiri, lantas siapa yang akan membela jika kamu jatuh? Siapa yang akan menguatkan jika kamu rapuh? Wah, bahasannya sudah berat kalau menyangkut rapuh dan jatuh, terlebih kalau kamu belum bisa berdamai dengan diri sendiri. Untuk itu, lima hal di bawah ini akan membuat kamu bisa percaya dengan diri kamu seutuhnya! Check this Out!

1.      Curhat ke Allah

Khususnya untuk kamu yang beragama Islam ya, tips ini ampuh banget buat kamu yang merasa insecure! Sebenarnya bisa saja kamu curhat ke sahabat atau teman dekat, tapi apa kamu yakin kalau mereka bisa dijadikan tempat berserah atas masalahmu? Coba ingat-ingat lagi, manusia itu notabene-nya rapuh, apa kamu mau berserah kepada sesuatu yang hakikatnya sama dengan kamu? Sama-sama manusia dan sama-sama rapuh. Mending jangan deh, curhat ke Allah aja! Dijamin kamu akan mendapatkan solusi yang super duper ampuh! Cobain!

2.      Bersyukur

Poin ini juga tak kalah penting, lho! Rasa syukur ini bisa dikatakan merupakan dasar atas diri kamu hidup. Kamu diberikan tubuh yang masih berfungsi dengan baik, itu sudah merupakan sesuatu yang sangat mahal. Sesuatu yang kamu punya di dunia ini, misalnya orang tua, barang yang masih berguna, teman yang menerima apa adanya itu sudah lebih dari cukup untuk kamu syukuri. Kamu tahu, kamu bisa berdiri sampai garis ini, sampai hari ini, lantas satu hal yang penting, syukuri itu.

3.      Muhasabah

Muhasabah atau kasarnya yakni introspeksi diri. Kenapa ini perlu? Cobalah kamu berkaca pada diri kamu, lihat apa yang nampak di sana. Banyaknya kekurangan? Atau sedikitnya kelebihan? Sebenarnya, jika kamu gali apa yang kamu rasa, melihat penyebab mengapa diri kamu merasa insecure, itu merupakan jawaban tersirat atas apa yang kamu insecure-in. Kalau kamu tahu letak kekuranganmu dimana, itu lebih mudah untuk kamu memperbaikinya.

4.      Perbaiki

Setelah kamu melakukan wawancara terhadap diri sendiri dengan mencari penyebab kamu insecure, langkah selanjutnya ialah memperbaiki sesuatu yang perlu kamu perbaiki. Revisi bahasa kerennya. Dengan revisi ini, kamu bisa memperbaiki sesuatu yang kurang pada diri kamu. Misalnya kamu insecure karena teman dekatmu sudah lulus dan kalian seangkatan. Dari contoh kasus tersebut, kamu bisa menggali apa yang kurang pada diri kamu dan penyebab kamu tertinggal, lalu mulailah perbaiki sedikit demi sedikit. Namun, jangan mudah putus asa, optimis dan sabar harus saling bekerja juga.

5.      Jadikan Garis Pacu dan Pelajaran

Boom! Ini juga tak kalah penting dari empat poin di atas. Jadikan hal yang kamu insecure-in itu sebagai garis pacumu untuk kamu lebih termotivasi. Dan jika kamu sudah termotivasi, kamu akan mendapatkan pelajaran berharga yang bisa kamu simpulkan sendiri. Dan itu sangat ampuh untuk kamu bisa maju, melangkah, bahkan berlari untuk meninggalkan rasa insecure yang jika kamu sadari itu membuat diri kamu stuck. Jangan lupa, alirkan doa jika kamu mulai melangkah, ya! Semangat!

Nah, bagaimana? Sudah mulai tercerahkan dari lima tips di atas untuk menyembuhkan rasa insecure-mu? Sebenarnya, insecure boleh, tapi jangan berlebihan, jangan sampai menganggap diri kamu tidak bisa melakukan apapun. Setiap manusia memiliki nilai uniknya masing-masing, dan dari nilai unik itulah yang membuat kita berwarna. Asalkan, satu sama lainnya bisa berkolaborasi membangun peradaban yang lebih baik. Yuk bangkit! Tinggalkan insecure-mu, mari bangun Indonesia dengan versi terbaik dirimu!


Penulis : Nurfadilah



Post a Comment

Lebih baru Lebih lama