(Sumber Gambar: Suara Cirebon)

LPM FatsOeN - Halo teman-teman semuanya, sudah tahu belum kampus tercinta kita mempunyai alat transportasi umum baru yang dapat digunakan untuk kepentingan kegiatan mahasiswa dan dosen loh.

Alat transportasi ini berupa bus berkapasitas 29 orang yang merupakan hibah dari Corporate Social Responsibility (CSR) BRI Cabang Cirebon untuk IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

Beberapa waktu lalu saya bersama rekan-rekan dari UKM LPM FatsOeN berkesempatan untuk menggunakan bus baru kampus ini untuk kepentingan kegiatan kunjungan media ke Jakarta. 

Nah teman-teman semua wajib tahu, meminjam alat transportasi kampus tidaklah semudah meminjam pulpen kepada kawan yang ujung-ujungnya tidak dikembalikan, untuk itu berikut merupakan langkah-langkah yang harus kalian ketahui mengenai peminjaman alat transportasi kampus.

Cara meminjam bus kampus

1. Membuat surat perihal peminjaman

Surat peminjaman menjadi syarat wajib saat akan meminjam suatu peralatan dari kampus. Pada surat peminjaman, isikan alasan meminjam tidak perlu bertele-tele cukup singkat, padat namun tentu saja harus jelas.

2. Menemui Pak Hasyim

Khusus untuk peminjaman bus baru ini, temen-temen bisa menemui Pak Hasyim selaku kasubag umum IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Cukup bawa surat, kemudian nanti temen-temen tinggal tunggu hasilnya di ACC atau tidak.

(Sumber Gambar: Anita Syafianti / LPM FatsOeN)

Oke teman-teman ada yang perlu kalian ketahui lagi mengenai alat transportasi bus baru kampus ini, terdapat berbagai fasilitas yang membuat teman-teman semua betah berada di dalam bus ini. Nah Fasilitas yang ada di bus baru IAIN diantaranya yaitu:

1. Full AC

Ini yang membuat kita betah selama perjalanan di dalam bus, tidak kepanasan.

2. Tempat USB untuk charger

Biasanya jika melakukan perjalanan jauh baterai hp akan cepat habis dan tidak sempat mengabari keluarga, teman dan pacar. Jangan khawatir di bus baru ini terdapat sebanyak 6 buah tempat USB untuk charger sehingga teman-teman tidak rebutan. Letaknya berada di samping speaker tempat penyimpanan barang penumpang di atas.

3. Kursi seperti kereta kelas Eksekutif

Saya tidak melebih-lebihkan karena kenyataannya kursi bus baru ini memang sangat nyaman dilengkapi dengan pagar pembatas di tepi kanan kiri, sehingga tidak khawatir tersenggol ketika ada yang sedang berjalan. Selain itu, kursi di bus ini bisa dimundurkan. Jadi, temen-temen bisa rebahan dan mengatur posisi duduk senyamannya. 

4. Full audio (namun tidak bisa connect ke bluetooth)

Saat perjalanan ditemani dengan lagu-lagu khas Jawa membuat perjalanan semakin menyenangkan, audio full terasa seperti menonton konser. Namun, kita tidak bisa menghubungkan dengan bluetooth sehingga tidak dapat request lagu. Jadi, temen-temen harus menyediakan flashdisk yang sudah diisi lagu-lagu, ya.

5. Terdapat seat belt untuk 2 bangku di belakang supir dan 2 bangku di belakang kondektur

Agar perjalanan selamat sampai tujuan terdapat saat belt yang berada di 2 bangku belakang supir dan kondektur, fungsinya untuk menahan tubuh penumpang agar tetap berada di tempat saat terjadi kecelakaan. 

6. Terdapat lampu baca

Ini berfungsi untuk membantu teman-teman ketika akan membaca buku, mencari benda yang jatuh d bawah kursi, dan membuat mengecek barang. Lampu ini digunakan pada malam hari.

7. Kapasitas penumpang 29 orang

Bus baru ini hanya mampu mengangkut penumpang sebanyak 29 orang karena memang ukuran bus nya yang termasuk kategori bus medium.

8. Bagasi 

Terdapat 2 bagasi yang digunakan untuk menyimpan barang bawaan, diantaranya bagasi atas untuk menyimpan barang bawaan kecil yang akan dibutuhkan saat dalam perjalanan, dan bagasi bawah yang dapat digunakan untuk menyimpan barang bawaan yang besar seperti koper. 

9. Lampu bus bisa disesuaikan dengan keinginan

Nah, jadi keistimewaan bus ini ada di lampunya juga. Temen-temen bisa request tingkat kecerahan lampu. Mau yang lampunya terang atau yang lampunya redup. 

10. Terdapat TV

Bus ini juga dilengkapi dengan TV LCD. Tapi sayang nih temen-temen, kita belum bisa share cara pemakaiannya dan kualitas dari TV ini. Karena, selama perjalanan kita tidak menggunakan TV ini. 

11. Terdapat Microphone

Siapa nih yang mau karoekean di bus? Nah, di bus baru IAIN juga dilengkapi fasilitas ini. Jadi, temen-temen bisa nyanyi atau menyampaikan informasi tanpa perlu teriak-teriak. 

Oke teman-teman terdapat hal-hal lainnya yang harus diperhatikan saat meminjam Bus Baru IAIN seperti:

1. Menggunakan Bahan bakar Dexlite.

2. Menggunakan Bensin minimal Pertalite.

3. Menjaga kebersihan Bus agar tetap bersih dan nyaman.

Oh iya, Ada pula biaya yang kami keluarkan selama perjalanan beberapa waktu lalu, diantaranya biaya untuk Bensin, E-Toll, Driver, dan kondektur selama 2 hari 3 malam yaitu sebesar Rp2.350.000. Cukup terjangkau bukan dibanding menyewa bus diluar sana.

Nah itulah tahapan dan hal-hal yang harus diperhatikan untuk meminjam bus baru.

Mari kita gunakan dan manfaatkan fasilitas kampus ini untuk kepentingan bersama, jangan lupa yaa untuk jaga fasilitas ini agar kita semua masih bisa menggunakan Bus ini. Klik di sini untuk lihat review busnya. 


Penulis: Tina Lestari dan Anita Syafianti

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama