Kegiatan pelatihan penanggulangan bencana antara UKM/UKK IAIN Syekh Nurjati Cirebon dengan BPBD Kota Cirebon yang bertempat di kantor BPBD Kota Cirebon (Dok. BPBD Kota Cirebon)

LPM FatsOeN - Keluarga Ormawa (Organisasi Mahasiswa) IAIN Syekh Nurjati Cirebon periode 2021/2022 melaksanakan kegiatan pelatihan penanggulangan bencana pada Kamis (16/12) bertempat di kantor BPBD Kota Cirebon. Acara yang bekerjasama dengan pihak BPBD Kota Cirebon ini ditujukan dalam rangka menambah kewaspadaan dan kesigapan akan datangnya bencana alam ataupun non alam.

Ketua Dema Institut, Rhio Maheso Jenar menjelaskan tujuan pelaksanaan pelatihan ini untuk menyiapkan mahasiswa agar ikut andil dan tanggap pada bencana, "jadi kita membuat Satgas relawan kebencanaan (dengan tujuan itu)," jelasnya.

Jumlah peserta yang hadir berjumlah 33 orang yang meliputi unsur UKM/UKK Ormawa. Kegiatan ini dimulai pukul 09.00 sampai pukul 13.30 WIB. Rangkaian acara dimulai dengan pemberian materi dasar tentang kedaruratan bencana, kemudian dilanjut praktek pembangunan tenda posko hingga pemberian pertolongan pertama serta kepada korban bencana.

Mela Fitriani Prawita, penyuluh bencana BPBD Kota Cirebon mengungkapkan, pihaknya menyambut baik insiatif ormawa IAIN Syekh Nurjati Cirebon dalam tanggap bencana melalui pelatihan ini, "Karena bencana itu bukan urusan BPBD saja, tapi kita juga sama-sama bersinergi termasuk dengan perguruan tinggi, jadi kita pasti sangat membutuhkan kontribusinya," ungkapnya.

Pelatihan ini berjalan dengan lancar dan terlihat antusiasme dari peserta. Saat diwawancara oleh pihak FatsOeN, Fathan, salah satu peserta menceritakan kesannya selama mengikuti pelatihan ini, "Alhamdulilah dapat pelajaran dan pengalaman bencana itu, mulai dari pembuatan tenda, penanganan bencananya sampai terjun langsung ketika menghadapi bencana," tuturnya.

Kemudian, Rhio berpesan agar pelatihan ini dapat menjadi bekal para mahasiswa dalam melakukan kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi melalui kerelawanan bencana, "Teman-teman mahasiswa bisa paham ketika ada bencana itu bisa langsung tanggap dan berkontribusi dalam pertolongan bantuan disaat terjadi bencana di suatu wilayah," pungkasnya.

Foto bersama pasca kegiatan Pelatihan Tanggap Darurat Bencana antara UKM/UKK IAIN Syekh Nurjati Cirebon dengan BPBD Kota Cirebon (Dok. BPBD Kota Cirebon)


(FatsOeN/Fachri, Dimas, Tedi, Rifki)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama