(Foto: Alisa Wilani/FatsOeN)


Bagaimana jadinya jika Cctv (Closed Circuit Television) yang biasanya kita pakai untuk alat keamanan tidak berfungsi dengan semestinya? Yang kita pikirkan jika melihat sebuah CCTV pasti faktor keamanan yang mumpuni disertai satpam yang siap siaga, dan kita tidak merasakan khawatir.

Namun, hal itu tampaknya berbeda jika kita berada di kampus IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Mengapa? Berdasarkan hasil penelusuran kami terdapat banyak beberapa titik CCTV namun tidak ada yang mengawasi, begitu terjadinya kehilangan sesuatu pencuri sudah kabur entah kemana.

Hal ini ditegaskan oleh seorang satpam yang bertugas di IAIN Syekh Nurjati Cirebon yang merasakan keresahan nya juga. Sebelum marak terjadinya kehilangan di kawasan kampus, Lembaga diharapkan untuk memfasilitasi teknisi yang memonitoring CCTV yang berada di kampus.

“Kalo bisa si saya sendiri sebagai anggota sekarang mengharapkan adanya teknisi yang mengawasi atau memonitoring Cctv. kampus ini kan ada 4 titik. Dengan sekitar 50 CCTV namun tidak ada yg memonitor di Cctvnya.” Ujar Satpam yang bertugas.

Jika banyak CCTV tapi tidak ada yang mengawasi apa gunanya? Mungkin hanya untuk barang bukti dan pelaku pencuri pun pasti sudah lari. Kejadiannya pun dkketahui setelah ada yang melapor. Jika ada pengawas CCTV pasti pengawas tersebut bisa melihat gerak gerik yang mencurigakan.

Tim keamanan kampus juga menghimbau agar para mahasiswa mengecek kembali kunci jika sudah tidak ada di kendaraan dan membawa kunci cadangan.

"Saya sering menghimbau kepada mahasiswa khususnya mahasiswa baru yang membawa motor untuk membikin kunci duplikat. Agar mengantisipasi safety untuk diri sendiri. Walaupun disini penjagaanya maksimal tetapi tetap saja maling itu lebih pinter. Namun, mahasiswa tetap saja melalaikan himbauan itu" lanjut ucapnya

Untuk tercapainya keamanan diinginkan, harus adanya kerja sama antar satpam, Lembaga dan mahasiswa.

 

Reporter : Alisa Wilani, Imas Endang, Tina Lestari/FatsOeN

Penulis : Alisa Wilani, Tina Lestari/  FatsOeN

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama