Gambar Ilustrasi (pexels.com-martijin-adegeest-587835)

Mendengar kata self love sepertinya sudah tidak asing lagi di telinga kita. Istilah ini biasa kita temui di sosial media, dimana saat ini pembahasan seputar self love mulai marak dibicarakan oleh masyarakat yang mulai menyadari pentingnya kesehatan mental. Banyak kaum milenial dan anak muda yang mulai menyerukan pentingnya kesehatan mental yang umumnya pada waktu dulu masih terdengar asing di telinga masyarakat.  

Kata self love berasal dari bahasa inggris yang memiliki arti cinta diri sendiri. Makna dari self love secara rinci dapat dimaknai sebagai kondisi ketika seseorang dapat menghargai diri sendiri dengan cara mengapresiasi diri saat seseorang mampu mengambil keputusan dalam perkembangan spiritual, fisik, dan juga psikologis (Khoshaba, 2012). Hal ini tanpa disadari sudah sering kamu lakukan dalam kehidupan sehari-hari, misalnya ketika kamu sudah mampu untuk menerima kelebihan dan kekurangan dalam diri, fokus terhadap apa yang ingin kamu lakukan dan menutup telinga terhadap komentar negatif orang lain yang dapat membuat kepercayaan diri semakin terkikis sehingga sulit untuk berkembang.

Mungkin ada pertanyaan yang muncul di benak kamu, apakah mencintai diri sendiri berarti egois dan mementingkan diri sendiri?  Eitsss, mencintai diri sendiri bukan berarti kamu bersikap egois. Bagaimana bisa kamu mencintai orang lain sedangkan kamu sendiri belum bisa mencintai diri sendiri? Dengan mencintai diri sendiri kamu dapat mencintai orang lain dengan baik juga. Mencintai diri sendiri berarti kamu percaya dengan dirimu dan mampu menemukan kebahagiaan pada diri sendiri sehingga tidak menggantungkan kebahagiaan kamu kepada orang lain. Memang dalam hidup berinteraksi dengan orang lain merupakan hal yang menyenangkan karena pada dasarnya manusia adalah makhluk sosial yang butuh namanya bersosialisasi. Akan tetapi,  kamu tidak bisa menjadikan orang lain sebagai sumber kebahagiaan.

Jika di dalam diri seseorang sudah memegang kata self love, maka self love tersebut akan membawa kamu kepada sesuatu yang positif. Misalnya self love dapat membuat kamu menemukan versi diri yang terbaik. Dengan self love kamu bisa membedakan sesuatu yang buruk atau baik untuk dirimu.

Walaupun self love memiliki arti mencintai diri sendiri bukan berarti self love hanya memberikan manfaat bagi diri sendiri saja. Self love juga dapat memberikan manfaat kepada orang lain lho, dengan menerapkan self love secara tidak langsung kamu telah berdamai dengan diri sendiri sehingga kamu dapat menyelesaikan permasalahan yang dimiliki, sehingga orang lain tidak perlu terlibat dalam permasalahan hidup kamu. Tentunya secara tidak langsung hal ini dapat membantu dan dapat memberikan manfaat kepada orang lain. Akan tetapi, bukan berarti dengan adanya dalih self love kamu harus mengerjakan semuanya sendirian. Jika kamu merasa tidak mampu kamu dapat meminta tolong kepada orang lain, jangan paksakan diri sendiri dan membuat dirimu tertekan ya!

Mencintai diri sendiri sama dengan berdamai dengan diri sendiri. Berdamai dengan diri sendiri memiliki arti suatu kondisi yang membuat seseorang nyaman dengan diri sendiri dengan mengenal, menerima, berpikir positif dan tidak membandingkan diri sendiri dengan orang lain.  Berdamai dengan diri sendiri tentunya tidak bisa berjalan secara instan. Berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk berdamai dengan diri sendiri:

1.               1.  Berusaha untuk menerima diri sendiri

Hal pertama yang dapat kamu lakukan untuk bisa berdamai dengan diri sendiri adalah menerima kelebihan dan kekurangan di dalam diri dan memilah di dalam pikiran dan perasaan. Dalam proses penerimaan diri pasti akan ada hambatan yang akan kamu hadapi, tetapi hambatan tersebut dapat membantu kamu untuk bertransformasi menjadi diri yang lebih baik dari waktu ke waktu.

2. Menyempatkan waktu untuk diri sendiri

Melakukan aktivitas seharian penuh tentunya terasa melelahkan. Energi dan mentalmu terkuras karena bertemu dengan banyak orang. Otak dan tubuhmu juga membutuhkan istirahat.  Oleh karena itu, kamu butuh meluangkan waktu untuk memanjakan diri sendiri. Dengan begitu kamu dapat mengetahui batas kemampuan emosi dan juga fisik yang kamu miliki.

3.              3. Berhenti untuk membandingkan dirimu dengan orang lain

Sudah pasti kamu tahu bahwa Tuhan menciptakan manusia dengan porsinya masing-masing. Tidak salah jika kamu melihat kemampuan orang lain untuk dijadikan sebagai motivasi. Setiap orang memiliki keistimewaan tersendiri, kelebihan yang ada di dalam dirimu belum tentu ada pada orang lain. Dengan membandingkan dirimu dengan orang lain membuat kamu tidak puas dengan usaha yang telah kamu lakukan. So, berhenti untuk membandingkan dirimu dengan orang lain ya.

Nah, itulah beberapa hal yang dapat membantu kamu untuk berdamai dengan diri sendiri. Setelah membaca berbagai penjelasan diatas, sudahkah kamu menyadari apakah kamu sudah mencintai diri sendiri? Jika belum, selalu berusaha untuk cinta dengan dirimu sendiri ya! Karena hakikatnya kamu akan dicintai dengan baik apabila kamu sudah mencintai diri sendiri dengan baik juga.

Penulis: Saskia Nurul Zahra

H

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama