Foto: Dokumentasi LPM Fats𝘖eN
Awarding Penelitian, Publikasi Ilmiah, dan Pengabdian kepada Masyarakat dalam acara LITAPDIMAS.


LPM Fats𝘖eN (21/3), Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) IAIN Syekh Nurjati Cirebon menyelenggarakan kegiatan LITAPDIMAS Expose & Award (Penelitian, Publikasi Ilmiah, dan Pengabdian kepada Masyarakat) bertempat di Lantai 3 Gedung Pascasarjana IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

Kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka promosi, diseminasi, publikasi, sekaligus apresiasi hasil karya ilmiah penelitian dan pengabdian civitas academica IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

Dr. H. Ahmad Yani, M.Ag. selaku Kepala LP2M mengatakan mengenai World Class University (WCU) yang kini menjadi cita-cita seluruh perguruan tinggi, juga PTKIN salah satunya IAIN Syekh Nurjati Cirebon, maka menuju posisi tersebut perguruan tinggi haruslah memiliki kelas internasional yang mentereng dalam riset, publikasi ilmiah, serta proses pengabdian kepada masyarakat.

"Untuk itu kami mendorong melalui LITAPDIMAS Expose dan Awarding untuk bisa memberikan kontribusi kepada IAIN agar semua insan akademik kita memiliki tradisi penelitian, publikasi ilmiah, dan agar dapat meningkatkan kualitas dan kuantitasnya dalam memberikan kontribusi dalam bidang penelitian atau publikasi ilmiah agar benar-benar bisa terpublikasi dalam jurnal-jurnal bereputasi nasional maupun internasional." Ujar Yani, Kepala LP2M IAIN Syekh Nurjati.

Selaku Kepala LP2M beliau menambahkan bahwa, "Ini menjadi sebuah kebanggaan bagi kami IAIN Syekh Nurjati Cirebon yang memang memiliki tagline ke depan dan sudah dimulai yakni, Cyber Islamic University dan tentu kegiatan ini sekaligus memberikan apresiasi siapa saja di antara dosen/tenaga kependidikan termasuk juga mahasiswa yang memiliki prestasi dalam bidang penelitian dalam publikasi ilmiah baik itu sinta 2 atau sinta 1 siapa pun yang terbanyak melakukan publikasi sampai bereputasi internasional dan kemudian juga dalam proses pengabdian masyarakat berupa pendampingan, penguatan, pelatihan pada komunitas atau pada kelembagaan Cirebon dan sekitarnya. Tentu, harapannya semua bisa menjadi pendorong secara cepat agar proses publikasi yang ada di IAIN bisa meningkat dalam publikasinya dalam bidang aspek sosial, keagamaan, budaya, ekonomi, dan lain-lain.”.

Selain itu LP2M menjabarkan bahwa standar penilaian untuk apresiasi karya hasil penelitian memiliki tiga poin utama yang ditetapkan oleh Subdit dan Kasubdit Penelitian, Pengabdian, dan Publikasi Ilmiah, yakni: pertama, kepada penelitian terbaik; kedua, publikasi ilmiah; ketiga, pengabdian kepada masyarakat.

Salah satu mahasiswa penerima apresiasi dari LP2M, Avi Afian Syah menyebutkan bahwa undangan penerimaan apresiasi dari hasil karya penelitian ini diberitahukan secara bersamaan dengan penyelenggaraan acara, setelah beberapa waktu lalu dari pihak jurusan telah meminta hasil skripsi miliknya untuk penilaian LP2M.

Sebagai penerima penghargaan kategori Skripsi Terbaik Pertama dengan judul "Filsafat Hukum Perkawinan Indonesia (Kajian Modul Bimbingan Perkawinan untuk Calon Pengantin dan Fondasi Keluarga Sakinah Bacaan Mandiri Calon Pengantin Perspektif Filsafat Hukum Keluarga Islam Ibnu Asyur)", Avi mengatakan, bahwa ini adalah bukti bahwa usaha atau kesungguhan pasti ada hasilnya dan hasil yang didapat itulah yang merupakan cerminan usaha kita.


Penulis: Hanipa

Editor: Aji

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama