Ilustrasi: Tina Lestari/Anggota Magang LPM FatsOeN

Halo FatsOeNist! Sudah tahu belum nih kalau kampus kita, IAIN Syekh Nurjati Cirebon, punya program studi baru loh, di bidang hukum dan astronomi Islam, yaitu program studi Ilmu Falak.

Ilmu Falak merupakan program studi di bawah naungan Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam. Program studi ini berdiri pada 12 April 2021.

Pada saat itu, Ilmu Falak hanya membuka satu jalur masuk yaitu melalui SPMB Mandiri. Hasilnya, didapat 9 orang yang terpilih sebagai mahasiswa di program studi Ilmu Falak. Namun, ada dua mahasiswa yang mengundurkan diri, sehingga saat ini di program studi Ilmu Falak terdapat tujuh mahasiswa saja.

Untuk tahun ini, program studi Ilmu Falak membuka jalur masuk melalui SPAN-PTKIN, UM-PTKIN dan SPMB Mandiri. Info selengkapnya terkait seleksi penerimaan mahasiswa baru tahun 2022 di IAIN Syekh Nurjati Cirebon melalui tiga jalur masuk tersebut bisa FatsOeNist dapatkan di sini.


Ilmu Falak Itu Apa Sih?

Mengutip pernyataan Kaprodi, bahwa "Ilmu Falak merupakan ilmu klasik yang sudah langka namun masih sangat dibutuhkan oleh masyarakat di era modern saat ini, karena kajian dari Ilmu Falak ini berkaitan dengan ibadah umat Islam. Penentuan arah kiblat di masjid dan mushalla, pembuatan jadwal waktu shalat, persoalan penentuan awal bulan Ramadhan, Syawal serta perhitungan terjadinya gerhana matahari maupun bulan, semuanya berkaitan dengan keabsahan Ibadah. Sehingga praktisi hukum Islam seperti Hakim Pengadilan Agama memerlukan kompetensi atau kemampuan dalam bidang falakiyah, dan di IAIN Syekh Nurjati Cirebon ini, Ilmu Falak dikaji dari sisi fiqh dan sainsnya, lengkap dengan teori serta prakteknya."

FatsOeNist tahu gak kalo Ilmu Falak itu merupakan program studi yang langka loh di Indonesia, beruntung sekali IAIN Syekh Nurjati Cirebon membuka jurusan ini.


Apa Keunggulan Program Studi Ilmu Falak?

Program studi Ilmu Falak memiliki banyak keunggulan, selain mempelajari tentang pengukuran arah kiblat, menentukan waktu shalat, penentuan awal bulan Hijriah, astronomi, dan keabsahan ibadah, program studi ini juga mempelajari tentang hukum.

Selain itu, praktik yang dilakukan di lapangan juga banyak loh, FatsOeNist. Salah satu di antaranya yaitu melakukan pengamatan hilal dan pengamatan peristiwa-peristiwa langit lainnya.

Eitsss... hal itu tentunya didukung dengan fasilitas-fasilitas yang ada di program studi Ilmu Falak. Program studi ini difasilitasi dengan observatorium Falak, dua buah teleskop robotik, berbagai instrumen falak klasik yang telah didigitalisasi menjadi software, serta berbagai fasilitas penunjang pembelajaran lainnya. 

Gimana nih keren banget kan?


Prospek Kerja Lulusan Program Studi Ilmu Falak

Lulusan program studi Ilmu Falak dapat bekerja di Instansi Pemerintah, Hakim Pengadilan Agama, Lembaga Antariksa, Peneliti Antariksa atau Benda Langit, Pegawai Negeri Sipil, Tenaga Pengajar, Media Astronomi, Analisis ilmu Falak, Konsultan.

Wah banyak sekali yah...

Jadi gimana? Apakah FatsOeNist tertarik dengan jurusan Ilmu Falak? 


Penulis: Tina Lestari/Anggota Magang LPM FatsOeN

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama