Ilustrasi: Anita Syariah /Anggota Magang LPM FatsOeN


Jurusan Tadris Kimia yang merupakan salah satu jurusan di Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) yang didirikan pada tanggal 06 januari 2021 [dilansir dari https://pddikti.kemdikbud.go.id/data_prodi/RDI3RjJGNzYtMjk2MC00QjNCLTlEQzUtRjFFQ0E4RDZFRkI4/20211 ]

Penerimaan mahasiswa baru pertama kali yaitu pada tahun akademik 2021/2022.

“semester 1 ada 15 orang, nah, pas masuk semester 2 jadi 11 orang” tutur Dini salah satu mahasiswi jurusan tadris kimia.

Selain itu, Jurusan ini membuka kesempatan bagi IAIN Syekh Nurjati Cirebon, khususnya pada Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) untuk berkembang pada bidang ilmu pengetahuan alam (sains), yang mana biasanya IAIN ini identik dan berfokus pada bidang Agama Islam. Namun, kali ini terdapat jurusan yang juga mengintegrasi keilmuan antara sains dan agama (Islam).

TADRIS KIMIA BELAJAR APA AJA SIH?

“kalo semester 1 mah masih mempelajari lingkup IPA juga jadi ada fisika biologi matematika” Tutur Dini.

Mau tau ga Tadris Kimia ini belajar apa aja? Yuk simak mata kuliah yang ada di jurusan Tadris Kimia.

Berikut mata kuliah jurusan Tadris Kimi, yaitu : 

 1. Kimia Dasar

2.    2. Teknik Dasar Laboratorium dan Praktikum Kimia Dasar

3.    3. Matematika dasar

4.    4. Fisika dasar

5.    5. Statistik Pendidikan

6.    6. Biokimia

7.    7. Biologi Umum

8.    8. Kimia organik

9.    9. Dasar-dasar Kimia Analitik

10  10. Kimia Lingkungan

11  11.  Kolokium Kimia

12 12.  Kimia Pangan

LULUSAN TADRIS KIMIA KERJA NYA APA YA?

Sekarang kita bahas yuk! prospek kerja jurusan Tadris Kimia ada apa aja sih?

Berikut prospek kerja jurusan Tadris Kimia :

1.       1. Bidang Industri

Dalam bidang industri ini untuk lulusan kimia memang sangat lah luas dan sangat dibutuhkan, dalam hal ini biasanya seorang yang dibutuhkan di perusahaan industry seperti obat-obatan ataupun farmasi, Adapun yang bekerja di bidang perusahaan tekstil, perusahaan kosmetik, perusahaan pertambangan dan masih banyak yang lainnya.

2.      2. Bidang Lembaga Penelitian

Dalam hal ini ada untuk jurusan kimia yang tersedia lowongan pekerjaan diantaranya adalah Lembaga ilmu pengetahuan Indonesia (LIPI), balai penelitian daerah, balai penelitian SDA, dan masih banyak lagi penelitian yang lainnya yang menjadi peluang pekerjaan untuk jurusan kimia.

3.       3. Bidang Tenaga Pengajar

Dalam hal ini seorang lulusan kimia dapat bekerja menjadi seorang guru dan dosen, namun untuk menjadi dosen seorang tersebut telah lulus Pendidikan S2 terlebih dahulu.

4.     4.  Bidang Konsultan/Consultant Agency 

5.     5. Entrepreuner atau Pengusaha

Untuk jurusan kimia ini sendiri dapat di jadikan sebuah peluang pekerjaan yang sangat menguntungkan, karena seorang yang berasal dari jurusan kimia juga dapat bekerja dalam membuat produk ataupu sebuah perusahaan tersendiri.

 6. Pegawai Negeri Sipil

 7. Kimiawan Anorganik

Dalam hal yang seperti ini seorang kimiawan anorganik adalah orang yang telah ahli dalam proses melakukan penelitian dalam bidang material dan kristal.

 8. Bidang Ahli Forensik

Seperti yang sudah kita ketahui bersama bahwa ahli forensik adalah kimiawan yang telah bekerja di dalam lokasi kriminal untuk melakukan penyelidikan tentang bukti –bukti kejahatan yang telah dilakukan.

 9. Bidang Ahli Lingkungan

Seorang yang telah ahli di bidang ahli lingkungan akan meneliti dari aktifitas industri dan tamabang manusia tersebut. Dalam hal ini seorang tekhni kimiawan tersebut telah memberikan sebuah teknik pengelolaan limbah untuk penghasilan limbah tersebut. Agar tidak menghasilkan limbah yang berbahaya untuk lingkungan tersebut.

10. Sales Bahan kimia

Seperti yang kita ketahui bersama, bahwa semua industri yang ada dalam sebuah perusahaan yang telah membentuk ataupun membuat sebuah produk pasti membbutuhkan bahan kimia. Sehingga dalam hal ini semua industri yang membutuhkan bahan kimia tersebut, bahan kimia tersebut akan di pasok ke pabrik-pabrik melalui sales bahan kimia tersebut.

Dan masih banyak lagi prospek kerja untuk jurusan kimia ini. Jurusan ini juga sangat cocok untuk kamu yang senang berhitung, suka ber-eksperimen, suka praktikum dan suka mencoba hal-hal baru.

Jadi, jangan ragu lagi untuk masuk ke jurusan ini. Karena banyak sekali prospek kerja dari jurusan Tadris kimia ini dan tentunya jurusan ini pastinya asik banget lho!.

Demikian tulisan dan ulasan mengenai Jurusan Tadris Kimia, semoga menambah wawasan dan pengetahuan para pembaca.

 

Penulis : Annita Syari’ach

 

 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama