Ilustrasi: Anita Syariah /Anggota Magang LPM FatsOeN

Kabar gembira untuk kita semua, tapi kali ini bukan karena kulit manggis ada ekstraknya, tapi karena IAIN Cirebon Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah punya jurusan baru yaitu Tasawuf dan Psikoterapi atau biasa disebut TAPSI. Jurusan ini sudah berjalan 2 semester. Karena ini merupakan jurusan baru, mahasiswa/inya pun baru angkatan pertama yaitu dari angkatan 2021 dan terdaftar 9 orang hingga sekarang.

Seperti yang dikatakan oleh salah satu mahasiswi dari jurusan tersebut “Tasawuf psikoterapi itu asalnya 12 yang keterima di SPMB, tapi 3 nya mengundurkan diri, dan sisa 9 orang yang bertahan sampai saat ini.”

Langsung aja kita bahas; Apa sih Tasawuf dan Psikoterapi itu?

Tasawuf dan Psikoterapi ialah bidang yang tidak hanya mempelajari ilmu pengetahuan agama Islam (akhlak tasawuf) tetapi juga memahami ilmu psikologi, dan lulusannya dipersiapkan memiliki skil di bidang terapi mental.

Ngomongin soal mental, gimana sih mental mahasiswa jurusan Tasawuf dan Psikoterapi?

“Pas awal-awal kita masuk itu semuanya pada tersesat, tapi akhirnya kita itu tersesat dijalan yang benar,” Itu jawaban dari Maulana, mahasiswa jurusan TAPSI.


KENAPA MEMILIH JURUSAN TAPSI?

Tidak hanya mengkaji sebuah masalah kesehatan mental dari sisi sains dan medis, tapi mahasiswa jurusan ini juga akan mempelajari tentang ilmu-ilmu agama untuk mengintegrasikannya dalam usaha penyembuhan penyakit kejiwaan. Kalau kamu memiliki keterkaitan tentang ilmu kejiwaan dan ingin mengkajinya dengan perspektif agama, maka prodi ini adalah prodi yang cocok banget buat kamu!


APA SAJA YANG DI PELAJARI DI JURUSAN TAPSI?

“Kalo menurut saya, sih, semester 1 sama 2 itu mata kuliah nya masih umum, maksudnya ada yang namanya pkn sama bahasa Indonesia, jadi ga terlalu condong ke ranah tasawuf ataupun psikoterapinya, nanti semester 3 sampe semester selanjutnya baru disitu keluar MK (mata kuliah) yang berkaitan sama tasawuf dan psikoterapi,” kata Maulana.

Berikut mata kuliah jurusan Tasawuf Psikoterapi :

1.     1. Ushul Fiqh

2.    2. Ulumul Qur’an

3.    3. Ulumul Hadits

4.    4. Akhlak Tasawuf

5.    5.   Ilmu Kalam

6.    6.  Ilmu Tasawuf

7.    7. Filsafat Ilmu

8.    8. Psikologi Agama

9.    9. Psikologi Umum

      10. Tafsir Ayat – Ayat Sufistik

11  11.  Psikologi Konseling dan Psikoterapi

12  12. Tasawuf Sosial

      13. Tasawuf Nusantara


PROSPEK KERJA JURUSAN TASAWUF PSIKOTERAPI

Kalian bertanya-tanya pastinya, “lulusan tasawuf psikoterapi jadi apa sih?”. Oke, jadi ada beberapa nih prospek kerja jurusan ini, yaitu :

1.      1. Psikolog

2.      2. Psikoterapis

3.      3. Asisten peneliti bidang tasawuf psikoterapi

4.      4. Tenaga Pendidikan bidang ilmu akhlak dan tasawuf

5.      5.  Penyuluh agama Islam di KUA

6.      6. Pembimbing rohani Islam yang terdapat di rumah sakit, panti asuhan dan lembaga pemasyarakatan

7.      7. Guru agama, Guru Bimbingan konseling (BK)

8.      8. Dosen

9.      9.  Motivator

10    10. Terapis bagi Anak Berkebutuhan Khusus

Masih banyak lagi ya prospek kerja jurusan ini, dan tentunya jurusan ini sangat cocok untuk kamu yang sangat tertarik menjadi psikolog.

Sementara itu, Rektor IAIN Syekh Nurjati Cirebon, H. Sumanta Hasyim mengatakan, umat Islam baru menyentuh aspek Islam dan iman, sementara ihsan yang merupakan puncak dari tujuan menyempurnakan hidup manusia belum tercapai.

“Itulah pentingnya kita belajar tasawuf. Mengapa kita tidak tertarik dengan tasawuf? Padahal jelas dilakukan oleh Nabi,” ujar Sumanta selaku rector IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Dilansir dari https://web.syekhnurjati.ac.id/fuad/2019/09/12/iain-syekh-nurjati-cirebon-akan-buka-jurusan-tasawuf/


Penulis: Anita Syariah/Anggota Magang LPM FatsOeN

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama