(Foto : 
Astrie Wulaningsih / Anggota Magang LPM FatsOeN)

Hallo fatsOenist! Tahukan bahwa kampus kita punya progran studi baru, salah satunya yaitu pariwisata syariah, jurusan ini di bidang pariwisata di bawah naungan Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam. Pembukaan prodi baru Pariwisata Syariah pada semester awal perkuliahan 2021 ini merupakan suatu terobosan yang strategis, mengingat halal industry termasuk juga halal tourism setelah pandemi global COVID-19 perkembanganya pesat karena warga dunia lebih peduli pada kesehatan raga, mental maupun spiritual. 

Pada saat, itu pariwisata syariah hanya membuka satu jalur masuk, yaitu melalui SPMB Mandiri. Hasilnya didapat 33 orang yang terpilih sebagai mahasiswa di program studi pariwisata syariah. Untuk tahun ini, Tahun 2022 IAIN Syekh Nurjati cirebon baru membuka 3 jalur penerimaan mahasiswa baru jurusan Pariwisata syariah, yaitu SPAN-PTKIN, UM-PTKIN dan jalur SPMB Mandiri.

Apa itu Pariwisata Syariah?

Mempelajari semua aspek yang terdapat di kegiatan wisata dipelajari seperti perhotelan, agen travel, kapal pesiar, maskapai, bahkan event pun dipelajari. Tidak hanya itu, ilmu disiplin lain yang berkaitan dengan ilmu ini pun dipelajari seperti ekonomi, psikologi, bisnis manajemen, akuntansi, perencanaan, dll.  Selain itu, juga menerapkan nilai-nilai syariah dalam pariwisata. nah fatsoenist jurusan ini bukan hanya untuk mendukung pembangunan wilayah cirebon saja ya, tetapi juga didaerah lainnya karena mahasiswa datang dari berbagai daerah, program studi ini cocok buat fatsoenist yang mau kembangin pembangunan pariwisata, bisnis loh.


Apa Keunggulan Ilmu Pariwisata Syariah?

Program studi pariwisata syariah ini memiliki banyak keunggulan, diantaranya yaitu Wirausaha di bidang pariwisata, tour guide, konsultan kepariwisataan, manajer perusahaan wisata, hotel dan yang lainnya. Jurusan ini antara teori dan praktek ilmu tersebut seimbang sehingga mahasiswa dapat terbiasa dengan dunia pariwisata syariah dan perhotelan syariah, Jadi nanti kalo fatsoenist masuk ke jurusan ini nantinya tidak kaget lagi ketika sudah memasuki dunia pekerjaan. 


Prospek Kerja Lulusan Program Lulusan Pariwisata Syariah 

Prospek kerja jurusan pariwisata syariah juga banyak loh fatsoenist meliputi our Operator, Tour Manager, Meeting Incentive Conference and Exhibition/MICE, Tour Consultant, pengelola akomodasi wisata, dan bisnis terkait dalam perjalanan wisata, peneliti pariwisata dan lainnya. Luar biasa bukan, gimana fatsoenist? tertarik masuk jurusan pariwisata syariah?

Penulis : Astrie Wulaningsih / Anggota Magang LPM FatsOeN

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama