(Suasana ramai pembeli Rujak Gamel di hari minggu. Foto: Iswanto/FatsOeN)

LPM FatsOeN-(18/09/2022) Selain Empal Gentong, Mie Koclok dan Nasi Jamblang, Cirebon juga punya makanan unik lainnya. Rujak Gamel yang pedas gurih dan bikin nagih.
Rujak gamel, rujak khas Cirebon yang berasal dari Desa Gamel, Kecamatan Plered, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat.

Dinamakan Rujak Gamel selain dari nama desanya juga dari kata Gamel yang berarti "Gamelan", yang merupakan alat musik tradisional setempat.

Rujak Gamel masih belum banyak dijumpai di daerah selain Plered. Para pecinta pedas direkomendasikan untuk mencicipi rujak gamel. Isian dari rujak gamel terdiri dari rebusan Kangkung dan mie, kol, timun, ditambah tahu dan gorengan bakwan, serta terdapat 'kerupuk teles' atau kerupuk basah. Bumbu sambalnya terdiri dari cabai hijau, asem, gula merah, kacang, dan terasi yang menambah keunikan rasa dari rujak gamel. 

'Rujak Gamel Mbak Wati' yang bertempat di Jl. Syekh Datul Kahfi, Desa Sarabau, Kec. Plered, Kab. Cirebon. Tempat tersebut dekat dengan Posyandu Beringin Desa Sarabau dan Tempat pemakaman umum. Mbak Wati sudah berjualan rujak gamel ini dari tahun 1984 hingga sekarang, ia tetap konsisten berjualan dengan resep yang turun temurun.

Rujak gamel mbak Wati tempat yang seringkali di kunjungi para pecinta pedas karena penasaran dan rasa nya yang unik juga pedas.

"Pengunjungnya selain dari daerah Plered juga ada yang dari luar kota seperti Kuningan, Indramayu, Majalengka, Jakarta, dan sebagainya, bahkan ada yang dari luar pulau, seperti Kalimantan dan Sumatera," Kata Mbak Wati. "Bahkan pernah ada orang dari luar negeri yang pernah kesini," Tambahnya.

Para pengunjung yang datang dari luar kota ke tempat Rujak Gamel ini mengetahui dari mulut ke mulut dan dari media sosial. Untuk menuju ke rujak gamel tersebut pengunjung menggunakan Google Maps karena lokasi nya yang jauh dari jalan besar. 

Tempat ini dibuka setiap hari, kecuali hari Senin. "Buka nya dari Jam 09.00 sampai 19.00 WIB" Ungkap Mbak Wati. 

Untuk kalian yang ingin berkunjung dan mencicipi rujak gamel bisa cari di Google maps dengan keyword 'Rujak Gamel Mbak Wati'.

Penulis: Iswanto & Annita Syari'ach/FatsOeN

Reporter: Iswanto/FatsOeN
 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama