Oleh: Zakariya Robbani/LPM FatsOeN


Saat ini kita berada dalam masa Endemi, yaitu masa transisi pemulihan daripada Pandemi Covid-19. Dimana dalam dunia pendidikan sudah bisa diizinkan untuk bertatap muka oleh pemerintah pusat. Tetapi kita harus tetap mematuhi protokol kesehatan.

Kuliah offline tidaklah semudah kuliah online, kita harus menjaga kesehatan untuk mempersipakan kulaih offline. Berbeda dengan kuliah online, disaat terbaring pun kita tetap bisa mengikuti kuliah. Sedangkan untuk kuliah offline kita harus mempersiapkan diri baik itu kesehatan kita, kendaraan dan lain sebagainya. Berikut tips atau cara menjaga kesehatan saat kuliah offline :

1.        Jangan Bergadang

Bergadang merupakan hal yang banyak disukai mahasiswa untuk mengerjakan tugas kuliah, namun banyak terjadi dampak negatif baik itu dalam segi kesehatan, keterlambatan saat mengikuti kuliah karena mengantuk, tidak fokus dan lain sebagainya. Mengerjakan tugas kuliah bisa saja dari jauh-jauh hari agar tugas yang diberikan oleh dosen tidak menumpuk dalam satu hari.

2.         Jangan Jajan Sembarangan

Kesehatan merupakan hal utama, karena ada istilah “Kesehatan itu Mahal”, jadi cara menjaga kesehatan yaitu mengomsumsi makanan dan minuman yang sehat, hindari merokok karena itu sangat menganggu kesehatan. Lebih baik kita membawa makanan dari rumah atau pulang untuk makan terlebih dahulu, itu akan membuat kita hemat dalam segi keuangan.

3.        Berolahraga

Olahraga merupakan sunnah Rasul, kita dapat berolahraga dari hal yang ringan seperti berjalan kaki, senam, bersepeda dan lain sebagainya. Lakukan hal tersebut secara rutin agar kesehatan kita tetap terjaga dalam hal untuk menuntut ilmu maupun beribadah.

4.        Menjaga Kebersihan

Dan yang terakhir adalah selalu menjaga kebersihan, karena kebersihan itu sebagian dari iman. Dengan lingkungan yang bersih akan membuat kita nyaman dalam belajar dan lebih fokus dalam mengerjakan tugas.

Itulah tips atau cara menjaga kebersihan di saat kuliah offline, selalu menjaga kesehatan dimana pun kita berada, karena kesehatan merupakan ikhtiar kita dalam menuntut ilmu sebagai mahasiswa terutama dalam hal beribadah.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama