Sumber Foto: Zakariya Rabbani
Wawancara bersama Wakil Rektor III IAIN Syekh Nurjati Cirebon Periode 2023-2027

Prof. Dr. Hajam, M.Ag lahir pada tanggal 21 Juni 1967 di daerah Dukupuntang, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat. Saat ini beliau sedang menjabat sebagai Wakil Rektor III di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati Cirebon Periode 2023–2028. Sebelumnya, beliau menjabat sebagai pimpinan tingkat fakultas atau Dekan dalam Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah (FUAD) IAIN Syekh Nurjati Cirebon selama dua periode, periode pertama pada tahun 2015–2019 dan periode kedua pada tahun 2019–2023.

Di sisi lain, beliau juga pernah menempuh pendidikan S1 di salah satu instansi pendidikan negeri yaitu Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syarif Hidayatullah Jakarta yang kini sudah berubah menjadi Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta, beliau mengambil jurusan bahasa Arab pada tahun 1988–1992. Kemudian ketika beliau melanjutkan pendidikan S2-nya di salah satu instansi pendidikan negeri yaitu Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sunan Gunung Jati Bandung yang kini juga sudah berubah nama menjadi Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Jati Bandung, beliau memiliki ketertarikan pada jurusan konsentrasi pemikiran Islam dan beliau mengambil jurusan tersebut pada tahun 2001–2003. Setelah lulus dari S2 beliau tidak hanya cukup dengan itu, beliau melanjutkan pendidikan di salah satu instansi pendidikan negeri lagi untuk melanjutkan S3-nya kembali ke Universitas saat beliau menempuh pendidikan S1, yakni pada tahun 2010–2013. Tidak cukup sampai di situ, beliau merasa kurang lagi dengan ilmunya maka belum lama ini beliau mengambil gelar sebagai guru besar bidang tasawuf, akhirnya beliau diangkat menjadi guru besar (Professor) di bidang tasawuf Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati Cirebon pada tanggal 3 Januari 2023.

Beliau mengungkapkan rasa syukur setelah resmi dilantik menjadi Wakil Rektor III. Hal ini juga membuatnya memiliki rasa tanggung jawab di dalamnya atas amanah yang telah diberikan oleh Rektor IAIN Syekh Nurjati Cirebon yakni Prof. Dr. H. Aan Jaelani, M.Ag. 

Beliau adalah sosok yang sangat terbuka, dalam artian rendah hati serta tidak mudah melupakan jiwa kepemimpinannya yang dulu ketika menjabat sebagai DEKAN Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah (FUAD). Kerja keras dan cerdas selama ini, serta dukungan dari keluarga maupun dari civitas akademika membuatnya berhasil menjadi pribadi yang dapat dipercaya untuk menjabat sebagai Wakil Rektor (Warek) III Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati Cirebon.

Perlu diketahui Wakil Rektor III bertugas untuk membantu Rektor dalam hal memimpin dan juga pelaksanaan kegiatan di bidang kemahasiswaan, kerja sama internal maupun eksternal, serta pelayanan pada Mahasiswa dan Alumni. Tak heran, jika beliau diberikan amanah untuk menjabat sebagai Wakil Rektor (Warek) III karena memang dalam dirinya terdapat sifat yang acapkali menjadi pusat perhatian bagi mahasiswa, sehingga mahasiswa merasa nyaman serta memiliki rasa kekeluargaan yang tinggi. 

Tiga bulan selang beliau menjabat sebagai Wakil Rektor III IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Ia sudah melaksanakan beberapa program kerjanya yakni, menyukseskan acara Pramuka Wira Karya Nasional (PWN), penghargaan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati Cirebon terpilih sebagai kuliner terbaik di Gorontalo, telah menyelesaikan lomba OASE Sains dan Al-Qur'an, dan berhasil membawa 4 lomba masuk ke babak final, di antaranya lomba psikologi, debat bahasa Inggris, storytelling, serta iklan lingkungan dan sumber daya. Finalnya akan diselenggarakan pada tanggal 13–15 Juni 2023 mendatang.

“Saya memiliki program kerja jangka panjang kedepannya yakni menyelesaikan restrukturisasi pembina-pembina Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) baik yang dengan pembina lama maupun yang baru. Ingin menjalin hubungan kerja sama dengan kampus yang berada di luar negeri yaitu bekerjasama dengan Universitas Media Internasional, seperti negara Malaysia dan Universitas Musthofa yang berada di negara Iran dengan tujuan untuk merencanakan double degree untuk mahasiswa IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Saya juga memikirkan tentang perencanaan mengenai hukum, teknis dan juga mencari Universitas yang siap untuk diajak bekerja sama dengan IAIN Syekh Nurjati Cirebon.” Ujar Wakil Rektor III.

Mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati Cirebon juga dituntut untuk menjalin kerja sama di dunia pendidikan dan bisnis. Diharapkan ketika mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati Cirebon lulus dari kampusnya, mahasiswa mempunyai pengalaman kerja yang sesuai dengan minat bidang yang digeluti dari masing-masing mahasiswa tersebut. Saat ini beliau sedang mencari perusahaan-perusahaan yang ingin diajak untuk menjadi jembatan penyaluran tenaga kerja bagi lulusan mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati Cirebon.

Dari program yang telah dijalani maupun yang akan dilaksanakan kedepannya oleh Wakil Rektor (Warek) III. Tentunya beliau tidak sendiri dalam melakukan hal tersebut. Beliau juga dibantu dengan pihak akademik, kabag, kemahasiswaan, dan staf-staf lainya yang ikut andil dalam menyukseskan program kerja yang keseratus atau tiga bulan lebih ini serta program kerja yang akan dilaksanakan pada masa yang akan datang.

Harapan beliau sebagai Wakil Rektor III untuk mahasiswa IAIN Cirebon, semoga mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati Cirebon kedepannya mempunyai keseimbangan antara akademik dan organisasi, karena setelah lulus nanti mahasiswa tak hanya mendapatkan ijazah saja, melainkan mahasiswa juga mendapatkan surat pendamping ijazah (SKPI) di dalamnya berisi prestasi akademik dan non-akademik.



Reporter: Ahmad Najib Mauludin 

Penulis: Zakariya Robbani

Editor: Inggit Nurul Istifaedah, Aji

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama