Sumber: Dokumenter Penulis

Kegiatan Kelas Jurnalis Cilik Tahun 2023


Salah satu kegiatan menarik yang ada di pesisir utara Jakarta yaitu Kelas Jurnalis Cilik. Kelas Jurnalis Cilik merupakan sekolah lapangan bagi anak-anak yang belum bersekolah hingga yang sudah duduk di Sekolah Dasar untuk diberikan pengetahuan dan latihan dalam mengasah keterampilan jurnalistik kepada peserta didik. Metode pelatihan terdiri dari 60% praktik dan 40% teori, yang mencakup pengenalan dasar penulisan, praktik pemotretan, pengenalan alat perekam, serta pengelolaan pameran foto.


Pertemuan berlangsung secara berkala dalam jangka 4 bulan (16 kali pertemuan), di mana secara rutin dihadirkan pemateri dari berbagai profesi terkait seperti pewarta foto, penulis, blogger, pendongeng, videographer, dan masih banyak lagi. Di bulan keempat para peserta didik diharapkan mampu menampilkan foto-foto tunggal dan mempresentasikan karya-karya mereka dengan mengusungkan pameran fotografi. Setiap tahunnya pembelajaran dilakukan di tempat yang berbeda dengan peserta didik dari lingkungan sekitar tempat belajar. Menurut Rangga salah satu Relawan Kelas Jurnalis Cilik, “kegiatan ini telah dilakukan dari tahun 2018 sampai sekarang dan kali ini telah memasuki tahun keenam”. Kelas Jurnalis Cilik telah berhasil menyelenggarakan lima kali pameran karya foto adik-adik pesisir. Dengan mengusung tema unik yang berbeda setiap tahunnya dan karya yang semakin beragam menunjukan pesona pesisir utara beserta cerita di dalamnya.


Galang (10) salah satu alumni dari Kelas Jurnalis Cilik menggungkapkan kegembiraaannya dengan adanya kegiatan ini, “Senang bisa ikut kegiatan kakak-kakak bisa belajar, bisa foto juga,” tukasnya. Kemampuan peserta didik dari Kelas Jurnalis Cilik sangat luar di usia yang masih anak-anak mereka mampu mengekspresikan setiap pembelajaran melalui praktik-praktik di lapangan bahkan mereka mampu memotret menggunakan kamera yang di sediakan oleh para relawan.


Kelas Jurnalis Cilik merupakan hasil dari niat baik salah satu Jurnalis yang bernama Syamsudin Ilyas. Beliau merupakan Putra Bugis kelahiran Jakarta. Telah mengenal fotografi pada 2010 sewaktu belajar di Komunitas Galeri Bau Tanah dan Kelas Pagi Jakarta. Kecintaannya terhadap dunia fotografi membuatnya bergabung di Galeri Foto Jurnalistik pada 2013. Beliau juga merupakan reporter yang mendapat penugasan memotret di Rakyat Merdeka Group sejak 2014. “Ombak dan badai adalah sahabat. Jangan dilawan, tapi ikuti ke mana arahnya haluan, pasti kamu akan sampai ke tujuan.” Itulah petuah yang dia ingat dari dua kali mendokumentasikan kehidupan para pelaut di laut lepas dengan kapal layar pinisi.


Berangkat dari kegiatan ini telah merubah pola pikir masyarakat terkait ilmu jurnalistik yang seringkali dianggap salah satu ilmu yang cukup sulit dipelajari. Tapi dengan adanya kegiatan yang diadakan oleh para Relawan Kelas Jurnalis Cilik membuat anak-anak memahami jurnalistik dengan cara yang menyenangkan. Para Relawan sendiri terdiri dari berbagai kalangan ada Pelajar, Guru serta orang-orang yang memiliki bidang kejurnalistikkan semoga kegiatan positif ini dapat berlangsung agar anak-anak pesisir memiliki wadah dalam pengembangan keterampilannya.


Jakarta, Juni 2023


Penulis : Nirwan Maulana

Editor: Akhmad J.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama