Sumber: Dokumenter Penulise Kegiatan Perpusling di Desa Sindang Jawa


Perkembangan teknologi digital mempunyai dampak positif dan dampak negatif. Satu sisi, kemajuan teknologi digital semakin mempermudah akses literatur kehidupan manusia. Akan tetapi, di sisi lain dampak perkembangan teknologi digital berakibat pada turunnya minat baca literatur pada ranah usia anak-anak.


Anak-anak di era sekarang lebih banyak menghabiskan waktu dengan bermain game online, menonton film, drama, dan hiburan lainnya pada gawai yang mereka miliki. Hal ini menjadi motivasi bagi sehimpun mahasiswa dari jurusan Hukum Tata Negara (HTN) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati Cirebon, untuk mengadakan kegiatan bertajuk perpusling atau perpustakaan keliling.


Berkolaborasi dengan Perpustakaan Banjar Melati, kegiatan Perpustakaan Keliling HMJ-HTN yang dilaksanakan pada Rabu, (28/5) tersebut, bertempat di Desa Sindang Jawa, Kecamatan Dukupuntang. 


Kegiatan Perpustakaan Keliling tersebut diharapkan menjadi media penarik perhatian dan minat anak-anak untuk membaca buku-buku yang disediakan.


Ketua Pelaksana Perpustakaan Keliling Sandy Alfaris mengatakan, “Kegiatan ini adalah salah satu program kerja divisi Pengembangan Penelitian Mahasiswa HMJ-HTN. Perpustakaan keliling merupakan upaya dari kami untuk menanamkan minat baca pada anak di era banyaknya anak-anak yang menghabiskan waktu mereka dengan memegang gadget,” pungkasnya.


Sandy juga menambahkan bahwa kegiatan ini diikuti oleh 48 anak-anak Sekolah Dasar hingga Sekolah Menengah Pertama, dalam kegiatan tersebut disertakan dengan fun game serta quiz agar anak-anak tidak merasa bosan dan monoton saat bermain bersama anak-anak lain dalam kegiatan perpustakaan keliling yang diselenggaran HMJ-HTN tersebut.


Penulis: Amar Mujahid

Editor: Akhmad Jiharka

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama