Ilustrasi: canva.com/Akhmad Jiharka

"Tahun ini kita mencoba keluar dari kotak," di bawah kepemimpinan teranyar Faqihuddin Abdul Qodir, LP2M IAIN Syekh Nurjati Cirebon merevitalisasi sistem pengabdian kampus bagi masyarakat, atau yang dalam Tridharma Perguruan Tinggi, yakni pengabdian kepada masyarakat. 

Dalam persiapan kebaruannya, dalam waktu yang relatif bertahap, sistem Kuliah Kerja Nyata atau KKN sebagai perwujudan poin ketiga dari Tridharma Perguruan Tinggi tersebut IAIN Cirebon memunculkan inovasi terbaru dengan gagasan model KKN yang berbeda dari tahun biasanya dan lebih variatif bila dilihat dari lokus pengabdiannya.

Terdapat delapan jenis KKN yang diusung oleh LP2M IAIN Cirebon kali ini. Berikut adalah jenis atau model-model KKN beserta jumlah kuota mahasiswanya:

1.  KKN Berbasis Masjid (800 orang)

2. KKN Gemar Mengaji (600 orang)

3. KKN Gaharu Keluarga (600 orang)

4. KKN Moderasi Beragama (3 orang)

5. KKN Kolaborasi Antar Perguruan Tinggi (90 orang)

6. KKN Mandiri Inisiatif (sesuai kebutuhan)

7. KKN Internasional (3 orang)

8. KKN Rekognisi (Tidak dibatasi kuota)


Hal ini terbagi menjadi 2 kategori yakni KKN Reguler dan Non-Reguler. KKN Reguler di antaranya terdapat tiga jenis, yakni KKN Berbasis Masjid (BM), KKN Gemar Mengaji (GM), dan KKN Gaharu Keluarga. Untuk sisanya termasuk dalam kategori KKN Non-Reguler, yang mana waktu pelaksanaan KKN ini dilakukan dengan tidak secara serentak bersamaan dengan KKN Reguler. KKN Non-Reguler juga, bisa jadi dapat dilaksanakan dalam kurun waktu di antara sepanjang tahun—asalkan tidak mengganggu perkuliahan.

"Jadi pendaftaran ini tidak dalam satu waktu, tapi sepanjang tahun, KKN kita ini bisa terlaksana sepanjang tahun. Jadi yang serentak itu yang regular. Adapun, KKN Mandiri secara inisiatif bisa saja diajukan asalkan tidak mengganggu perkuliahan. Jadi, boleh jadi jika sepanjang proposal itu masuk, dan kita setuju lalu berjalan. Itu bebas waktunya bebas tempatnya bebas temanya yang penting ada urgensinya," tutur Budi Manfaat selaku Narahubung KKN dalam Wawancara Eksklusif LPM FatsOeN bersama LP2M IAIN Cirebon.


KKN Model Baru:

LP2M : "KKN Gaharu Keluarga akan berfokus dari bagaimana perubahan berangkat dari keluarga. KKN jenis ini cocok untuk yang menyukai ilmu Parenting dan KKN ini merupakan KKN jenis baru dari Dikti di Kemenag RI. 

KKN Moderasi Beragama, kolaborasi KKN se-PTKIN, jadi 3 orang yang dikirim ke Tana Toraja itu di sana teman-teman itu nanti bertemu dengan mahasiswa se-PTKIN seluruh indonesia. Tema yang diusung terkait moderasi beragama, di sana mayoritas kristen dan ada tradisi yang dijunjung tinggi dan itu bisa menjadi lokus yang menarik.

KKN Kolaborasi, nanti kita kolaborasi dengan KKN UIN Bandung, UIN Jogja dan sebenarnya masih ada beberapa yang lain namun belum intens bertemu, jadi nanti 1 kelompok itu membaur, jadi nanti ada yang dari kita dan ada yang dari Perguruan Tinggi lain. Jadi mereka berkolaborasi. 

KKN Mandiri Inisiatif, misalnya mahasiswa 20 orang punya inisiatif mau belajar atau tinggal di sebuah desa tentu waktunya harus sama walaupun tidak harus setiap hari dalam waktu 40 hari. Itu bisa mengusulkan nnant kita (LP2M) mendiskusikan kalo kita nilai sudah cukup mewakilkan KKN, bisa kita setujui. 

Kita juga akan memulai inisiatif KKN Internasional, ada 44 komunitas yang bersedia menampung dan harinya lebih pendek 27 hari karena visanya cuma 1 bulan dan untuk perjalanan 27 hari. Itu resmi dari kedutaan, tetapi tentu saja kampus bisa nanggung sedikit ya, paling 3 orang. Tapi kalo mahasiswa pada aktif sendiri gapapa Bisa, karena tiket, tuh, murah kalo dari majalengka. Ga sampe 400 ribu, dan kalo disananya sudah dikasi makan tapi tidak semua tempat, ya. Beberapa tempat yang saya kenal, itu bisa gratis. Namun, ada yang makannya saja ada yang ga sama sekali. Kalo yang dianggarkan oleh kampus hanya 3 orang. Bisa juga meminta sponsorship ke Pemda atau ke dinas apa, Kementerian."


Teknis Pembagian KKN?

LP2M : "Untuk yang mendaftar KKN Reguler, jadi jika sudah terpenuhi oleh orang-orang yang mendaftar. Kita LP2M, akan membagi nama-namanya secara acak dan mereka harus bersedia, kecuali jika ada permintaan khusus, misal masalah kesehatan, tapi yang mesti tidak dimaklumi adalah mereka yang tidak siap berkelompok dengan siapa saja. Mereka diharuskan siap bergantung dan berkelompok dengan siapa saja. Satu kelompok 15 orang. Untuk informasi akan dibagikan oleh LP2M sekaligus lokasi KKN. Untuk sesi pembekalan ada 2 lapis:

Lapis I, oleh LP2M pembekalan secara teori memastikan mereka tau juknis pelaksanaanya dan mengerti metodologi pengabdianya nanti ada general test nya dan Lapis II pembimbingan dan pembekalan bersama DPL masing masing, disimulasikan."


Seleksi Model KKN?

LP2M : "KKN Gemar Mengaji, itu diprioritaskan bacaan Al-Qur'annya bagus dan untuk yang KKN model Moderasi Beragama, nanti kita wawancara ada seleksi tahap 2 yaitu wawancara dan diprioritaskan untuk mahasiswa yang memang merupakan aktivis kampus beserta memiliki track record prestasi yang baik disertai kemampuan menulis yang baik juga. Hal ini juga berlaku untuk model KKN Internasional."


Pembiayaan KKN? 

LP2M : "Biaya hidup dan makan (Akomodasi dan Konsumsi) dari mahasiswa sendiri, yang difasilitasi oleh lembaga itu adalah biaya transportasi (antar), kaos, dan spanduk.".

 

Pelaksanaan KKN?

LP2M : "Tentu saja, jika KKN Reguler serentak, jika yang tidak serentak itu nanti kita sebut mandiri. Mungkin, bagi yang terlambat dan tidak dapat KKN Reguler maka akan dilakukan rekomendasi mengikuti KKN Mandiri, tentunya difasilitasi oleh LP2M dan DPL atau Dosen Pembimbing Lapangan.".


Himbauan bagi peserta KKN 2023, apa yang tidak boleh dilewatkan?

LP2M : 

1. Jangan sampai ketinggalan informasi, jika ada (kelompok yang ditinggalkan) di regular ini mencari kawan untuk yang sama-sama ketinggalan. Lalu membuat mandiri inisatif. 

(Semua info kita publish di portal resmi website, youtube dan instagram LP2M. nama YouTube-nya: Menara Perti.)

2. Tidak menganggap KKN sebagai Beban. Tujuan kkn untuk mengembangkan nilai-nilai kepribadian mahasiswa. Menemukan kepekaan dan kepedulian konteksnya itu merupakan buah pembelajaran.

3. Jika kuotanya mendekati batas maka akan ditutup. Maka menuju akan ke mana yang belum ditutup. 

4. Jangan mendaftar banyak, hanya boleh satu saja. 

5. Untuk KKN Gemar Mengaji diprioritaskan di Kota Cirebon.


Penulis: Akhmad Jiharka

Reporter: Akhmad Jiharka, Hanipah, Nia Nurhasanah.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama