Foto: Nuraini
Pembuatan Eco-enzyme dalam Kegiatan Workshop UMKM D'Socio


Klangenan, Cirebon (4/6) - Salam Wangsakerta dan D'Socio Organizer Komunikasi Penyiaran Islam IAIN Syekh Nurjati Cirebon menyelenggarakan Workshop UMKM dengan mengusung tema "Jadikan Sampah Bernilai Rupiah". 

Acara lokakarya yang diadakan ini bertujuan sebagai edukasi masyarakat Desa Klangenan mengenai pemanfaatan sampah, yakni sampah-sampah organik untuk diolah menjadi pupuk tanaman dan olahan-olahan makanan lain seperti eco-enzyme yang tentu bernilai rupiah.

Acara bertempat di Balai Desa Klangenan Kecamatan Klangenan Kabupaten Cirebon. Acara berlangsung sedari pukul 08.00 s.d 11.20 WIB dengan pemateri Ibu Farida Mahri selaku pendiri Sekolah Alam Wangsakerta.

Acara ini juga banyak dihadiri berbagai elemen stakeholder desa dan kecamatan setempat seperti Pemerintah Desa, Karang Taruna, BPBD, IPNU, dan remaja serta masyarakat desa setempat.

Workshop diawali dengan sambutan kepala desa terkait isu-isu soal sampah, "Tanda peradaban itu soal sampah, persoalan sampah di mana-mana, penambahan nilai yang belum terlihat," ujar Rahmat Hidayat selaku Kepala Desa Klangenan, "Sehingga workshop ini tentu penting untuk diselenggarakan sebagai pembentukan karakter juga perilaku," sambungnya.


Penulis: Ismawar, Akhmad J.

Editor: Tim Editorial LPM Fats𝘖eN

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama