Sumber Foto: Dokumen Penulis 
Potret Live Instagram Ketua Senat Mahasiswa dan PPMU

Cirebon, LPM FatsOeN - Panitia Pemilihan Mahasiswa Universitas (PPMU) Universitas Islam Negeri Siber Syekh Nurjati Cirebon (UIN SSC) menggelar sosialisasi pelaksanaan Pemilihan Mahasiswa (Pemilwa) 2024. Sosialisasi digelar secara online melalui siaran langsung di media sosial Instagram @ppmu_uin_ssc_cirebon pada Senin sore (5/2).

Dalam sosialisasi tersebut, PPMU mengundang ketua Senat Mahasiswa (Sema) untuk memberikan sambutan dan arahan kepada mahasiswa UIN SSC agar turut berpartisipasi dan mengawasi penyelenggaraan pemilwa yang akan dilaksanakan bulan ini.

Pemilwa diadakan untuk menjaring ketua Senat Mahasiswa (Sema) dan Dewan Eksekutif Mahasiswa (Dema) yang baru. Pemilwa kali ini akan digelar secara online. 

Agam, ketua Sema UIN SSC periode 2023-2024 mengatakan, digelarnya Pemilwa secara online tidak lain karena itu merupakan pilihan yang paling baik. Selain karena perkuliahan belum aktif, hal itu juga bertujuan untuk meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan. 

"Kalau saya sudah mengkajinya ini sudah ada hal-hal yang tidak bisa dilakukan, kita sudah mempunyai alternatif-alternatif baik itu, digital untuk pemungutan suaranya, untuk meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan," ujarnya. 

Adapun terkait aturan-aturan dalam penyelenggaraan pemilwa yang dimaksudkan supaya penyelenggaraannya berjalan baik dan demokratis, dia mengatakan masih butuh waktu untuk menyusun atau mengkajinya. 

"Saya kira untuk membuat peraturan-peraturan (terkait pemilwa), kita harus membutuhkan waktu yang panjang, dan saya tidak mau menyalahi soal aturan itu," ungkapnya. 

Rangkaian pelaksanaan pemilwa 2024 sendiri akan meliputi sosialisasi pemilwa pada tanggal 5 Februari 2024, pendaftaran anggota Sema dan pasangan calon ketua dan wakil ketua Dema tanggal 6–9 Februari 2024, verifikasi berkas calon tanggal 11 Februari 2024, dan wawancara calon tanggal 12 Februari 2024.

Untuk penetapan pasangan calon ketua dan wakil ketua Dema diagendakan digelar pada tanggal 13 Februari 2024, kampanye monologisnya tanggal 14–17 Februari 2024, debat kandidat tanggal 16 Februari 2024, penetapan anggota Sema tanggal 17 Februari 2024, dan Musyawarah Sema (Musema) dan Musyawarah Dema (Mudema) tanggal 18 Februari 2024. 

Bagi yang ingin mendaftar sebagai anggota Dema, pendaftarannya bisa dilakukan tanggal 20–22 Februari 2024. Untuk kemudian diverifikasi pada tanggal 23 Februari 2024 dan ditetapkan sebagai anggota Dema tanggal 24 Februari 2024. 

Pengajuan Surat Keputusan (SK) Sema dan Dema sendiri akan dilakukan tanggal 26 Februari 2024. Adapun pelantikannya, pelantikan Sema, Dema dan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) /Unit Kegiatan Khusus (UKK) serta Serah terima jabatan (Sertijab) tanggal 4 Maret 2024.


Penulis: Zakariya Robbani

Editor: Ega Adriansyah









Post a Comment

Lebih baru Lebih lama