Pengaruh Gadget terhadap Perkembangan Anak Usia Dini - KIM ...
(Ilustrasi pengaruh Gadget terhadap kondisi anak/google.com)
Gadget adalah perangkat elektronik kecil yang memiliki fungsi khusus. Dari hari ke hari gadget selalu muncul dengan menyajikan teknologi terbaru yang membuat hidup manusia menjadi lebih praktis. Gadget tentu dapat memudahkan hidup kita, tetapi apabila kita tidak bisa mengendalikannya gadget akan memberikan dampak negatif.
Dalam sebuah laporan klinis terbaru, para doker mengimbau untuk tidak memberikan balita peralatan atau permainan digital, karena hal itu akan menghambat tumbuh kembangnya. Mainan atau alat elektronik tersebut sama buruknya dengan mendudukkan anak di depan TV.
 Anak usia 1 -3 tahun sebaiknya tidak diperkenalkan untuk menggunakan gadget, karena pada usia tersebut anak belum mengetahui manfaat dari penggunaan gadget, biasanya ia hanya melihat tampilan video. Tampilan video dalam gadget akan membuat anak sekedar mengikuti pergerakan audiovisual. Hal ini dapat membuat anak lebih malas berfikir, karena lemahnya otot kognitif.
Penggunaan gadget yang terlalu sering akan membuat anak menjadi kecanduan terhadap gadget. Adapun ciri anak yang kecanduan gadget, yaitu:
1. Keasyikan bermain gadget
2. Perilaku yang tidak nyaman ketika tidak bermain gadget
3. Terus meningkatkan waktu bermain gadget
4. Gagal untuk mengurangi atau berhenti bermain gadget
5. Kehilangan ketertarikan dengan dunia luar
6. Tetap mengggunakann gadget meskipun mengetahui dampak negatif yang akan diperoleh
7. Pakai gadget untuk mengalihkan perasaan
Dengan adanya anak yang kecanduan gadget tentu ada faktor penyebab yang melatarbelakanginya diantaranya yaitu:
  a.  Pengasuhan yang kurang baik
Biasanya orang tua tidak mau ribet dalam mengasuh anaknya, ketika anaknya menangis ia memberikan gadget agar anaknya diam.
  b.  Faktor neurosains
Seorang peneliti dari UCLA menyatakan bahewa tablet, smartphone dan video game tidak jauh berbeda dengan narkoba dalam mempengaruhi otak manusia. Ia bahkan menyebut sebagai kokain elektronik karena efeknya yang dapat membuat kecanduan. Pada dasarnya otak manusia menyukai kebaruan. Bentuk kebaruan dalam gadget seperti misalnya status teman di media sosial, bermain game sampai dengan level tertinggi, menonton video dan lain sebagainya. Semakin banyak yang dikonsumsi semakin anak ingin menambahnya lagi.
Kendali diri yang rendah juga merupakan faktor neurosains, mereka tidak berfikir dampak negatif yang akan terjadi akibat mengunakan gadget secara berlebihan, yang mereka pikirkan yang penting sekarang menyenangkan.
  c.  Desain teknologi yang menarik
Persaingan pasar yang kian ketat membuat para pengusaha berpikir untuk menciptakan teknologinya yang menarik sehingga banyak konsumen yang berminat.
  d. Faktor lingkungan
Anak biasanya meniru apa yang mereka lihat. Jika di lingkungan keluarga ataupun teman-temannya menggunakan gadget, tentu ia akan meniru menggunakan gadget.
Damapak negatif yang akan dihasilkan dari penggunaan gadget yang berlebihan adalah sebagai berikut:
  a.  Kondisi emosional terganggu
Anak meluapkan emosinya dengan meledak-ledak karena belum bisa menggunakan kata –kata untuk mengungkapkan keinginan dan rasa frustasinya akan suatu hal. Ledakan tersebut bisa dipicu karena keinginan anak untuk tetap bermain gadget.
  b.  Kurangnya bersosialisasi
Anak seharusnya aktif bergerak, bermain dengan teman sebayanya. Tetapi anak yang sudah kecanduan gadget, ia lebih senang untuk sendiri bermain dengan gadgetnyadibnading bermain dengan dunia luarnya.
  c. Gangguan kesehatan
Cahaya smartphone yang tajam dan terlalu banyak duduk dalam menggunakannya memilikii efek terhadap kesehatan seperti obesitas, terpapar radiasi, mata perih dan lain sebagainya.
Walaupun kini sudah banyak permainan yang melatih kemampuan problem solving anak, tetapi untuk anak balita sebaiknya tidak diperkenankan karena bisa menjadi langkah awal anak dalam menyukai gadget. Melalui pelatihan orang tua pun masih bisa dilakukan baik melalui komunikasi maupun perbuatan. Untuk menghindari dampak- dampak negatif dalam menggunakan gadget bijaklah dalam menggunkannya. Gunakannya seperlunya bukan semaunya dan bangun sosialisasi dengan dunia nyata.

(Tim_FatsOen)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama