Musyawarah besar (MUBES) Ormawa SEMA (Senat Mahasiswa), DEMA (Dewan Mahasiswa) IAIN Syekh Nurjati Cirebon dilaksanakan pada tanggal 2 Februari 2021, di Auditorium FITK lantai 5. Kegiatan tersebut dihadiri oleh anggota SEMA dan DEMA sebagai peserta penuh (calon anggota SEMA DEMA - Institut), sedangkan beberapa ketua dari masing-masing HMJ sebagai tamu undangan (peserta peninjau). 

Infografis (Ilustrator : Fauzan Alfani) 


Dari hasil musyawarah, didapat keseluruhan anggota SEMA-I berjumlah 21 orang, 81% diantaranya mahasiswa berorganisasi ekstra PMII (Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia) dan 19% lainnya tidak mengikuti organisasi ekstra. Sedangkan, seluruh ketua SEMA dan DEMA-F merupakan anggota PMII. Ketua HMJ (Himpunan Mahasiswa Jurusan) berjumlah 24 orang 59% diantaranya berorganisasi ekstra PMII, 33% tidak mengikuti organisasi ekstra dan 8% berorganisasi ekstra HMI (Himpunan Mahasiwa Islam).

Infografis (Ilustrator : Fauzan Alfani) 


Kegiatan tersebut bertujuan untuk memilih ketua SEMA dan DEMA-I. Berdasarkan POK (Pedoman Organisasi Kemahasiswaan) yang tercantum dalam BAB V pasal 13 tentang keanggotaan, syarat dan wewenang SEMA IAIN Syekh Nurjati Cirebon bahwa Keanggotaan SEMA - Institut dan BAB VI pasal  19 tentang DEMA IAIN Syekh Nurjati Cirebon bahwa kepengurusan SEMA dan DEMA Institut ditetapkan pada bulan Februari.


Berdasarkan data yang ada, anggota SEMA, DEMA dan HMJ didominasi oleh mahasiswa yang berorganisasi ekstra PMII.  

Infografis (Ilustrator : Fauzan Alfani)


Catatan: Data yang terangkum di sini, kami menggunakan dua metode: wawancara dan observasi. Kami melakukan observasi melalui aplikasi online Getcontact dan Instagram. 

Penulis: Nisa Nurhasanah dan Maya Noviyanti

Tim Riset: M. Rizal Aryo Seno, Tedi Satrio, Delima, Elisa Juliani, Maya Noviyanti, Zulva Azhar dan Siti Nur Azizah


5 Komentar

  1. Ditunggu fatsun buat memetakan dan nginvestigasi pejabat kampus dari mulai rektor,dekan dan wakil* nya berdasarkan bendera nya

    BalasHapus
  2. Makasih ni fatsoen udh bikin gtuan jadi ngebantu pmii buat bikin statistiknya. terus semangat.

    BalasHapus

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama