(Sumber Gambar:  Freepik.com)

Di Indonesia tercatat bahwa dari sekitar 3,7 juta lulusan SMA/SMK sederajat tiap tahunnya baru 50% yang diserap perguran tinggi. Berdasarkan data tersebut sebagian lulusan SMA/SMK sederajat di Indonesia tidak merasakan duduk di bangku kuliah. Terlebih lulusan SMA/SMK sederajat yang tidak bisa kuliah karena faktor ekonomi dan latar belakang kehidupannya.

Lulusan SMA/SMK tersebut kemudian tidak melanjutkan Pendidikan ke perguruan tinggi sehingga mereka memilih untuk bekerja dengan pengetahuan yang belum maksimal. Hal tersebut merupakan tanggung jawab pemerintah dalam membangun pendidikan yang jauh lebih baik, apalagi Indonesia akan mencetak gelar sarjana sebanyak-banyaknya, namun hal itu tidak sejalan dengan tidak adanya lapangan pekerjaan.

Ketika seseorang memilih untuk kuliah hal tersebut merupakan hal yang baik untuk dipikirkan karena dapat menambah ilmu pengetahuan baru dibidang yang diminatinya. Sedangkan jika seseorang memilih untuk keja, juga merupakan hal yang baik, karena mereka dapat membantu meringankan beban kedua orang tua mereka, yang selama ini mencari nafkah untuk mereka.

Banyak orang yang mengira bahwa kuliah itu mahal sehingga, banyak di antara mereka memilih untuk bekerja. Padahal banyak sekali beasiswa yang memudahkan mereka untuk berkuliah. Itu merupakan hak dari setiap individu yang tak bisa dipaksakan.

 

Kuliah Dapat Menentukan Masa Depan

Dengan berkuliah, seseorang akan lebih baik masa depannya. Berbeda dengan orang yang tidak berkuliah. Seseorang yang berkuliah cenderung memiliki kepribadian yang mandiri, memiliki akhlak mulia serta bermanfaat di tengah kehidupan masyarakat. Bukan gelar sarjana yang dicari, tapi ilmu bermanfaat agar bisa diimplementasikan dalam dunia kerja ataupun masyarakat sekitar.

Kuliah juga bisa dijadikan sebagai wadah untuk berorganisasi untuk melatih kepemimpinan saat bekerja nanti. Selain itu, dengan sesorang itu berkuliah akan mendapatkan peluang kerja yang lebih tinggi, Apalagi, di zaman sekarang, dengan adanya gelar sarjana menjadi syarat khusus memasuki dunia kerja. Berbeda dengan lulusan SMA/SMK sederajat yang memiliki peluang kerja terbatas.

 Bekerja Banyak Hal yang Bermanfaat

Dengan seseorang, bekerja dapat meringankan beban orang tua. Kenapa? karena seseorang itu dapat menangung kehidupan pribadinya karena sudah dianggap dewasa, jadi tidak terikat lagi dengan orang tua yang selama ini membiayai kehidupannya. Bekerja juga dapat menambahkan pengalaman kerja, untuk melamar pekerjaan lainnya yang lebih baik. Bekerja melatih kejujuran, kedisiplinan dan melatih tanggung jawab atas pekerjaannya. Bekerja juga dapat menambah relasi atau teman yang bisa dijadikan kebersamaan untuk menyelesaikan sebuah pekerjaan agar pekerjaan tersebut cepat terselesaikan.

Jangan Memilih Untuk Jadi Pengangguran

Pengangguran bukanlah sebuah pilihan, pengangguran adalah hal yang buruk untuk dilakukan, karena dengan dia menganggur, hanya membuang-buang waktu dalam kehidupannya. Menurut Badan Pusat Statistik tercatat ada sekitar 6,93 juta oarng di Indonesia yang menganggur setiap tahunnya, ini menjadi hal penting pemerintah dalam upaya menciptakan lapangan pekerjaan.

 Jangan Jadikan Kejahatan Sebagai Ladang Untuk Bekerja

Banyak hal yang positif untuk mencari pekerjaan yang halal. Pengangguran jangan dijadikan hal buntu kita dalam berfikir bahwa kita tidak akan mendapat suatu pekerjaan. Jika kita memilih kejahatan untuk suatu pekerjaan itu akan berdampak negatif bagi dirinya dan keluarganya. Berusaha dan berdoalah untuk mendapatkan suatu pekerjaan, karena tanpa usaha dan doa kita tidak akan mendapatkan suatu pekerjaan.

Gunakan Waktu Sebaik Mungkin Untuk Berwirusaha

Jadilah sesorang yang menggunakan waktunya untuk bermanfaat dalam kehidupannya dengan keterampilan dalam diriya, seperti berwirausaha, mendalami bakatnya, sarta bermanfaat bagi orang lain. Seseorang yang mempunyai bakat dalam berwirausaha merupakan modal untuk menjadi seorang pemimpin. Dengan begitu sesorang akan mempunyai kepribadian yang mandiri, kreatif, berkomitmen tinggi, serta berbudi luhur.

Berdasarkan tulisan di atas, dapat ditarik simpulan bahwa kuliah memiliki arti yang hampir sama dengan sekolah, perbedaannya adalah mahasiswa dituntut untuk mandiri dalam hal mencari sumber pengetahuan dan lain sebagainya. Kuliah merupakan hal penting bagi seseorang, karena dapat menambah ilmu pengetahuan baru dibidang yang diminatinya dan gelar sarjana sebagai standar untuk bekerja di dunia kerja. Selain itu, kuliah dapat membentuk karakter seseorang menjadi pribadi yang lebih mandiri, berkarakter dan sebagainya.

Bekerja juga merupakan kebutuhan manusia untuk mendapatkan upah dalam memenuhi kehidupan sehari-harinya. Dengan bekerja ketergantungan kepada orang tua sudah tidak ada, dan harus memulai mendiri untuk kehidupan pribadinya. Jangan memilih untuk jadi pengangguran ataupun memilih kejahatan sebagai ladang pekerjaan itu merupakan hal buruk yang harus dihindari, banyak pekerjaan yang halal yang bisa dimanfaatkan dalam kehidupannya seperti berwirausaha, menggunakan kreatifitasnya, mendalami bakatnya dan lain sebagainya. Yakinlah, berusahalah, dan berdoalah, pasti ada jalan untuk mendapatkan seuatu pekerjaan yang halal dan baik.

Penulis : Zakariya Robbani, Mahasiswa Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama