(Sumber Video: GIF Tenor)

Saya kira kenapa banyak orang yang sering suka untuk bersikap tidak realistis adalah karena mereka memiliki daya imajinasi yang mereka sendiri tidak bisa kontrol. Imajinasi ini muncul karena dorongan dari rasa egois tanpa mempertimbangkan segela potensi ketidakmungkinan yang akan terjadi. Karena dalam realitanya kita terlalu mudah untuk berimajinasi tetapi tidak sesuai dengan pertimbangan dan kenyataan yang ada.

Kenyataan atau realitas adalah akumulasi dari berbagai macam imajinasi dan segala ketidakmungkinan yang mengikutinya yang akhrinya membentuk sebuah pengalaman.

Mungkin beberapa hal ini kadang tidak kita sadari karena sudah naluri alamiah manusia untuk berimajinasi. Apalagi imajinasinya bertujuan untuk mencapai sesuatu yang bertujuan baik bahkan mulia. Dorongan imajinasi inilah yang membuat mereka untuk semangat dan terus bergerak karena didasari oleh daya imajinasi yang demikian kuat.

Kekuatan imajinasi tidak bisa kita sepelakan begitu saja. Walapun kadang daya imajinasi akan membuat kita terjebak dalam realitas yang tidak sesuai dengan expetasi imajinasi kita, namun hal ini wajar karena sangat sulit untuk menciptakan imajinasi yang sempurna yang sesuai dengan harapan kita.

Realitas hanya bisa dilawan dengan fikiran imajinasi yang terkontrol, kemampuan untuk menerima, dan mensyukuri serta mengapresiasi apa yang telah kita lakukan untuk memperjuangkan imajinasi kita sendiri.

Jangan sampai kita menjadi denail dan tidak percaya atas realitas yang ada dihadapan kita, sehingga kita malah menyalahi fakta yang sudah ada. Fakta yang ada harusnya dijadikan bahan refleksi kita untuk meneelaah dan mempelajari kembali bagaimana suatu ide atau imajinasi yang kita harapkan tidak sesuai dengan yang kita inginkan, lalu melakukan langkah langkah kongkrit dan realitas agar relaitas yang sudah kita hadapi sekarang tidak menjadi sedemikian parah dan tidak terkendali karena imajinasi kita sendiri yang terlalu tinggi.

Ah sial teryata saya malah berimajinasi lagi.

Penulis: Fahmi Labibinajib

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama