(Sumber Gambar: Freepik.com)

LPM FatsOeN - Pusat Pengembangan Bahasa (PPB) IAIN Syekh Nurjati Cirebon mengharuskan mahasiswa melakukan intensif, yakni pembelajaran atau kursus bahasa asing. Namun, yang difokuskan hanya dua saja, Bahasa Arab dan Bahasa Inggris. Intensif ini rutin dilakukan pada Sabtu dan Minggu. Khusus Bahasa Arab, PPB hanya mewajibkan untuk mahasiswa semester 1 dan 2. Sedangkan Bahasa Inggris ditujukan bagi semester 3 dan 4.

Tetapi, tahukah kalian mengapa harus intensif? Apa sih manfaat dari intensif ini? Berikut beberapa alasan penting mengapa harus intensif.

Pertama, belajar bahasa asing meningkatkan pengetahuan dalam ruang lingkup global. Mengapa demikian? Kalian pasti sudah tahu bahwa banyak sekali buku terkait ilmu pengetahuan yang menggunakan bahasa asing. Bahkan sekarang tak sedikit jurnal-jurnal ilmiah diterbitkan menggunakan bahasa asing, sehingga jika kamu menguasainya, maka cakrawala pengetahuan akan terbuka lebih luas lagi.

Kedua, belajar bahasa asing membuat kamu mudah diterima di dunia internasional. Nah untuk yang satu ini, kalian yang sering travelling keluar negeri tentunya akan menghadapi masalah yang berkaitan dengan komunikasi. Jika kamu memiliki kemampuan bahasa asing, maka hal tersebut memudahkan dalam berkomunikasi.

Ketiga, untuk memudahkan mengikuti perkembangan teknologi. Perkembangan teknologi itu mostly berbahasa asing. Maka akan lebih memudahkan jika kita menguasai bahasa asing agar bisa mengikuti perkembangan tersebut.

Keempat, memudahkan kamu untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi lagi di luar negeri. Siapa sih yang tidak mau go to international? Apalagi pemerintah Indonesia sering kali mengadakan beasiswa untuk kamu yang ingin melanjutkan pendidikan di luar negeri. Hal ini menjadi bekal yang mumpuni, walaupun tetap disadari bahwa persaingan dengan kandidat lain juga sangat ketat. But, kembali lagi di awal, setidaknya kamu sudah memiliki kemampuan bahasa asing yang cukup memadai.

Kelima, memudahkan untuk mendapatkan pekerjaan. Tak hanya skill yang dibutuhkan dalam mencari pekerjaan, di era modern ini, banyak perusahaan memasukkan kemampuan berbahasa asing ke dalam kualifikasi calon karyawannya. Karena berbahasa asing merupakan salah satu soft skill atau keterampilan khusus yang menunjang dalam menggunakan teknologi informasi dan komunikasi. Dan dianggap basic skill agar mudah diterima di berbagai sektor pekerjaan dan jenjang pendidikan yang lebih tinggi lagi.

So, masih berpikir intensif bahasa asing tak berguna? Segera hilangkan mindset tersebut, ya. Ingat selalu bahwa penyesalan selalu ada di akhir, kalau selalu di depan namanya Yamaha. 😁


Penulis: Alisa

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama