(Sumber Gambar: Freepik.com)

Menciptakan lingkungan yang sehat sehingga tidak mudah terserang berbagai penyakit seperti demam berdarah, muntaber, bersin dan lainnya. Lingkungan rumah adalah suatu tempat tinggal manusia untuk bertahan hidup, rumah juga adalah suatu kebutuhan pokok manusia, bisa dibayangkan apabila kita tidak mempunyai rumah maka hidup sehari-hari kita tidak akan nyaman. Maka dari itu rajinlah untuk membersihkan ruang lingkup di sekitar rumah karena kalau rumah itu bersih, nyaman, sehat mana ada sih. kuman yang betah di tempat kita. Bagaimana, sih, menjaga supaya rumah kita bersih dan sehat ? Nah, di sini ada tipsnya untuk menjaga kebersihan:

A.    Selalu merapihkan tempat tidur

Biasakanlah sesudah bangun tidur langsung membereskannya, merapihkan bantal, guling, melipat selimut, dan yang lainnya. Tepuk tepuklah pada semua permukaan tempat tidur supaya debu debunya tidak menetap di permukaan itu,

B.     Bersihkan kamar mandi

Rutinlah membersihkan sekitar kamar mandi dan mengganti air di dalam bak (menguras) dan sikatlah pada bagian lantai maupun pada permukaan yang lainnya,

C.     Menyapu dan mengepel lantai setiap hari

Agar debu- debu hilang dan menjadikan lantai bersih, di tambah dengan pengharum lantai, lantaipun menjadi wangi dan segar,

D.    Mencuci pakaian setiap hari

Agar pakaian kotor tidak menumpuk berlama – lama, maka cucilah pakaian tiap hari,

E.     Pastikan barang – barang di rumah semua bersih : sapu, kemoceng, lap, pelan, tempat sampah,dan barang – barang lainnya,

F.      Menyiram tanaman dan halaman rumah,

G.    Membuang sampah pada tempatnya,

H.    Mengelap kaca, kursi , dan barang–barang yang lain

Rumah merupakan tempat yang harus diutamakan dalam penerapan perilaku hidup bersih. Ketika rumah bersih ketika itupun penghuni rumah akan terjaga kesehatannya . sebaliknya, ketika rumah tidak terjaga kebersihannya tidak terjaga pula kesehatan penghuni rumah,bahkan rawan terkena penyakit.

Terkait hal tersebut, salah satu solusinya dengan cara membagi pekerjaan rumah dengan tujuan agar dapat terselesaikan dalam waktu yang relatif singkat. Seperti ibu tugasnya mencuci baju, masak dan mengontrol tugas kerja yang diperintahkan kepada penghuni rumah. Ada yang membersihkan kamar mandi dan mencuci piring, ada yang menyapu, mengepel, ada yang mengelap kaca, menyiram tanaman, dan yang lainnya. Nah, seperti itu pekerjaan dapat terlaksanakan dengan baik. Nah selain dari menjaga kebersihan di lingkungan rumah juga otomatis sebelum ke rumah dipastikan para penghuninya juga harus sehat dong, nah bagaimanasih supaya tubuh kita menjadi kuat dan sehat? diantaranya yaitu:

·         Pastikan selalu mengkonsumsi makan–makanan empat sehat lima sempurna. (makanan pokok, lauk pauk, sayur mayur, buah–buahan, susu)

·         Kurangi makan makanan pedas

·         Tidak jajan di tempat sembarangan

·         Hindari makanan berbahan pengawet

Selain mengkonsumsi makanan yang sehat, kita juga disarankan untuk berolahraga karena kalau kita selalu bergerak, berkeringat tubuh pun menjadi sehat dan lebih fresh. Bisa dijadwalkan berapa kali dalam seminngu kita dapat berolahraga. Nah, apalagi sekarang kita di jaman kehidupan yang sedang terkena penyakit Covid 19  maka kita harus selalu menjaga lingkungan sekitar kita apalgi khusunya rumah kita sendiri, menjaga pola makan, menjaga imun kita dan tidak lupa memakai masker di saat berpergian.

Ajakalah tetangga untuk selalu mejaga kebersihan bersama, lebih bagusnya dalam 2 minggu sekali mengadakan gotong royong bersama, agar ruang lingkup kita menjadi nyaman, damai dan tentram. Pun bisa menjadi contoh bagi para penduduk warga yang lain, dan yang pastinya, kita akan merasa puas atas apa yang kita usahakan apalagi bekerja sama dengan orang–orang yang satu lingkup dengan kita.

   Sebagaimana dalam hadist pun sudah di sebutkan ;

 “KEBERSIHAN ITU SEBAGIAN DARI  PADA IMAN “  

  Hadist Riwayat Tirmidzi menyebutkan :

  “Sesungguhnya Allah SWT  suci yang menyukai hal –hal yang suci Dia Maha Bersih yang menyukai kebersihan, Dia Maha Mulia yang menyukai kemuliaan, Dia Maha Indah yang menyukai keindahan, karena itu bersihkanlah tempat–tempatmu.

Dari beberapa uraian di atas dapat di simpulkan menjaga kebersihan memiliki berbagai manfaat, seperti terhindar dari penyakit, lingkungan lebih menjadi sejuk, bebas dari polusi udara air lebih bersih dan untuk di minum. Serta lebih tenang dalam menjalankan aktivitas sehari–hari.

Lingkungan akan lebih baik jika semua orang sadar dan bertanggung jawab akan kebersihan lingkungan itu hal tersebut harus ditanamkan sejak dini. Mulailah dari diri sendiri dengan cara memberi contoh kepada masyarakat bagaimana menjaga kebersihan lingkungan rumah dan sekitarnya. Sertakan para pemuda untuk ikut aktif menjaga kebersihan lingkungan, pelajari teknologi terkait kebersihan seperti pembuatan kompos dari samapah organik agar dapat di manfaatkan kembali untuk pupuk. Dan yang terpenting bekerjasamalah dengan masyarakat untuk kegiatan membersihkan lingkungan.

Ayo jagalah kebersihan pada lingkungan rumah, dan sekitarnya agar kita hidup merasa lebih sehat dan segar.

Penulis: Syifa Aulia Dwi



Post a Comment

Lebih baru Lebih lama