(Potret kebersamaan Himpunan Mahasiswa Jurusan Hukum Tata Negara, IAIN Syekh Nurjati Cirebon dengan anak-anak Desa Sindangjawa setelah kegiatan Perpusling. Minggu, 19/06/22. Foto: Pengurus HMJ HTN).


Cirebon, LPM-FatsOeN- Minggu (19/06/22), Himpunanan Mahasiswa Jurusan Tata Negara menggelar perpustakaan keliling (Perpusling) di Desa Sindangjawa. Perpusling merupakan salah satu program kerja dari Himpunan Mahasiswa Jurusan Hukum Tata Negara. Ketua Umum HMJ HTN Fuji Nurrahman ini mengungkapkan “program ini ditujukan kepada masyarakat umum untuk meningkatkan minat baca masyarakat terutama anak-anak. Tindakan ini merupakan trobosan yang sangat inovatif sebagai mahasiswa yang terjun langsung bersentuhan dengan masyarakat.

Mengingat data dari UNESCO bahwasannya minat baca masyarakat Indonesia ini sangat memprihatinkan, pasalanya secara statistic hanya 0,001%. Artinya dari 1000 orang hanya 1 orang yang rajin untuk membaca. Program perpusling ini sangat penting untuk terus berperan dan dikembangkan demi meningkatkan daya baca masyarakat pada umumnya. Begitupun bisa menjadi contoh yang baik bagi para mahasiswa yang lainnya dan bisa menjadi motivasi pergerakan dalam membangun kemajuan intelektual secara nyata dan masif.

Penulis sangat mengapresiasi program ini karena skala sasaran yang dilakukan oleh Pengurus HMJ HTN ini bukan hanya berfokus kepada mahsiswa saja, melainkan langsung memperhatikan anak-anak yang dikenal sebagai generasi bangsa di masa depan. Perlunya edukasi dan pola pendidikan yang menarik agar bisa menumbuhkan semangat belajar pada anak-anak di desa tersebut dengan memanfaatkan ruang-ruang organisasi mahasiswa yang sangat relevan dan efektif. Harapannya semoga program ini terus berjalan dengan baik dan tetap solid demi mencerdaskan anak bangsa. “Pikiran membutuhkan buku seperti pedang membutuhkan batu asah, jika ingin mempertahankan ujungnya”-George R.R. Martin.



Penulis: M. Fathurrahman Tsabit /Mahasiswa Jurusan Hukum Tata Negara

Editor: Khofifah Cahyani /Pengurus LPM Fatsoen

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama