(Foto: Kalender Akademik IAIN Syekh Nurjati Cirebon Tahun 2022-2023)


Wisuda menjadi hal yang sangat dinanti-nanti oleh sebagian mahasiswa yang sudah menjalani sidang munaqosyah, karena momentum ini menjadi kegiatan yang sakral sekaligus perayaan atas usaha dan kerja keras selama menjadi mahasiswa. 

Tak dipungkiri bukan hanya yang sudah munaqosyah dan yudisium saja, namun beberapa mahasiswa yang belum sidang atau bahkan mahasiswa semester muda pun sudah mempersiapkan diri dan material untuk mengikuti wisuda.

Kalau dipikir-pikir ya salah satu tujuannya kuliah ya akhirnya untuk wisuda, ya ga yakkk??? Hehehe 

Naah, berdasarkan SK Rektor IAIN Syekh Nurjati Cirebon Nomor 1127/ln.08/R/PP.9/07/2022, Tentang Kalender Akademik Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati Cirebon Tahun Akademik 2022-2023 yang semula jadwal pendaftaran wisuda dibuka sejak 01 Agustus 2022 hingga saat ini 7 September 2022 belum dibuka.

Sempat saya mengkonfirmasi kepada staf di Akademik dan Kemahasiswaan perihal jadwal pendaftaran wisuda yang sudah molor 1 bulan lebih ini dan jawabannya adalah, "Belum dibuka, tunggu infonya nanti di informasikan pada laman www.infosyekhnurjati.ac.id."

Lantas gunanya jadwal pada kalender akademik untuk apa? Jika pada kenyataan masih abu-abu, lalu bagaimana dengan nasib mahasiswa yang berasal dari luar daerah CIAYUMAJAKUNING?, Mereka sudah boyong (pindah ke tempat asalnya lagi) walaupun mereka tidak boyong lalu mereka disini untuk apa?, Hanya untuk menunggu ketidakpastian jadwal pendaftaran wisuda??

Wahhh amat sangat disayangkan yah . .

Saya pikir ini merupakan masalah yang sangat sering terjadi di IAIN Syekh Nurjati Cirebon, ketidaktepatan pelaksanaan dengan jadwal yang dibuat. Mohon kiranya untuk pihak lembaga mempertimbangkan kami yang tidak stay di CIAYUMAJAKUNING jika ada informasi apapun sifatnya jangan mendadak. Bukan hanya waktu ataupun jarak tempuh yang menjadi pertimbangan namun finansial dan tempat tinggal pun menjadi pertimbangan.

Oleh karena itu, seharusnya kampus bisa menjalankan kegiatan-kegiatannya sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan walaupun ada keterlambatan ya sekiranya jangan sampai mundur 1 bulan lebih tanpa kepastian.

Penulis: Anita Syafianti/LPM FatsOeN

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama