"Suasana Antrean Panjang di Loket Pendaftaran PLP" 
Sumber: Dokumentasi Penulis

LPM Fats𝘖eN, IAIN Syekh Nurjati Cirebon– Pendaftaran Tahap Pertama Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) bagi Mahasiswa Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) IAIN Syekh Nurjati Cirebon telah dibuka.

Pendaftaran bertempat di Ruang PLP pada gedung FITK lantai 1. Informasi mengenai pendaftaran sebelumnya telah disebarkan melalui prodi masing-masing. Mahasiswa mendaftar sesuai jadwal yang telah ditentukan pada surat edaran. Pendaftaran tahap pertama berlangsung pada 1 Februari–31 Maret 2023.

Tujuan dari Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) yaitu guna memaksimalkan penguasan kompetensi akademik, mengembangkan identitas potensi sebagai pendidik, serta memberikan bekal pengalaman dasar melaksanakan pembelajaran yang mendidik di bawah supervisi yang efektif dari Dosen Pembimbing maupun dari Guru Pamong.

Jumat (3/02) Tato Nuryanto, selaku Kepala Laboratorium Keguruan, menyampaikan bahwa, "Mahasiswa Tarbiyah yang ingin mengikuti PLP harus lulus mata kuliah PPL 1 atau  Micro Teaching atau juga Pembelajaran Micro, apabila di mata kuliah ini tidak lulus, maka tidak diperbolehkan untuk ikut PPL."
"wawancara bersama Tato Nuryanto Kepala Laboratorium Keguruan FITK" 

Perbedaan PLP tahun ini dengan tahun lalu adalah berdasarkan kebijakan pemerintah mengenai kesehatan yang dua tahun terakhir menyebabkan pembelajaran menjadi berbasis online atau daring, maka tahun lalu PLP dilakukan dengan daring.

Tato Nuryanto juga menyebutkan mengenai perbedaan lain terkait PLP Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) dengan fakultas lain di IAIN Syekh Nurjati Cirebon adalah memfokuskan pada instansi yang berkaitan sedangkan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) diadakan di sekolah serta terjun secara langsung dalam lingkup pendidikan.

Adapun syarat untuk mendaftar PLP yakni, setiap mahasiswa membawa fotokopi Kartu Tanda Mahasiswa (KTM), Kartu Tanda Penduduk (KTP), dan Surat Keterangan Lulus (SKL) PPTQ yang disatukan dalam 
map merah.

Menurut Fadillah, salah satu mahasiswi dari jurusan Tadris Bahasa Indonesia yang mendaftar PLP hari ini mengeluhkan, "Seperti yang saya alami sendiri ya, sangat ketat, karena saya sudah memilih sekolah dan ini baru beberapa hari dibuka dan ini sekolah yang saya tuju sudah penuh."

Pendaftaran tahap pertama yang baru dibuka beberapa hari menjumpai keluhan mengenai pemilihan sekolah yang disebutkan Fadillah menjadi salah satu keresahan mahasiswa yang masih memilih sekolah-sekolah tujuan untuk pelaksanaan PLP tahun ini.


Reporter : Siska, Ismawar
Penulis : Hanipah

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama