Sumber: Hadhona Fatmah Syakira


Astapada, Cirebon (04/07) – Kedatangan Tim KKN Kelompok 105 tahun 2023 di Desa Astapada Kecamatan Tengahtani Kabupaten Cirebon ini merupakan Tim Kolaboratif antara Mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati Bandung dan IAIN syekh Nurjati Cirebon yang berjumlah 16 Mahasiswa.


Sebelum memulai kegiatan KKN, terlebih dulu tim KKN, Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) beserta sejumlah perangkat desa melaksanakan pembukaan kegiatan KKN di balai Desa Astapada. 


Kegiatan pembukaan KKN ini dimulai pukul 19.30 hingga Pukul 21.00 WIB. Adapun, perangkat desa yang turut hadir sebagai undangan antara lain BPD, Pemdes, dan beberapa staf lainnya. Pembukaan resmi program ini dilakukan di Balai Desa Astapada dan disahkan oleh Sekretaris desa, Bapak Cuanton dan Ibu Siti Marini, didampingi oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), Mohamad Andi Hakim, S.Pd., M.Hum.


Dalam acara pembukaan, Siti Marini selaku kepala BPD Menyampaikan harapan besar agar kehadiran mahasiswa KKN 105 ini mampu berkontribusi dengan baik dan mengupayakan semaksimal mungkin agar kehadiran mahasiswa bukan hanyalah sebatas kenangan yang tenggelam seiring bergulirnya waktu, "Semoga bisa menginspirasi masyarakat dalam membangun desa," ungkapnya. 


Selanjutnya, Sekretaris desa, Cuanton juga menyambut baik adanya program KKN ini yang akan dilaksanakan satu bulan kedepan. Beliau juga mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih telah memilih Desa Astapada sebagai tujuan KKN Kolaborasi ini.


Acara kemudian dilanjutkan secara simbolis dengan membuka kegiatan KKN kelompok 105 desa Astapada.


Pada kegiatan KKN ini, KKN 105 memiliki Tema “Mengembangkan potensi Desa melalui pemberdayaan UMKM dan peningkatan kesadaran pendidikan masyarakat” yang diusung berdasarkan pengamatan kondisi desa yang sedang dihadapi saat ini. 


Mohammad Andi Hakim, selaku DPL menyampaikan bahwa dalam KKN Kolaborasi Perguruan Tinggi Kelompok 105 ini, mahasiswa merancang program unggulan lahirnya Pusat Layanan Terpadu Astapada (PLT Astapada). Kehadiran Pusat layanan ini meliputi tiga Program Prioritas yaitu:


1. Astapada Training and Learning Center (Diklat Keterampilan dan pemberdayaan UMKM) 

2. Career dan Job Service Center (Penguatan Jejaring Ekonomi dan Pasar Kerja) 

3. Astapada Education Center (Pembimbingan, pendampingan dan Layanan Informasi Beasiswa Pendidikan Tinggi) 


Harapannya, Tim KKN 105 berharap sambutan hangat ini menjadi awal yang baik untuk kegiatan KKN mereka, Sekaligus mampu memberikan kontribusi maksimal untuk masyarakat Desa Astapada ke depannya.



Penulis: Nurhijjah Rambe, Fatikhatul Jannah, dan Ade Maliyani.

Editor: Akhmad Jiharka

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama