Sumber Foto: Dokumenter Panitia PBAK FDKI


LPM FatsOeN, IAIN Cirebon — (22/08) IAIN Syekh Nurjati Cirebon telah merampungkan acara PBAK di hari kedua yang berfokus pada tiap fakultas masing-masing.


Kelima fakultas mengadakan acara PBAK serempak pada Selasa, (22/8) 2023 sekaligus acara PBAK Fakultas ini berlangsung di lima tempat. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FITK) bertempat di depan gedung FITK Baru. Fakultas Ushuluddin dan Adab (FUA) bertempat di gedung Pasca Sarjana. Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam (FDKI) bertempat di depan gedung FDKI. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) bertempat di halaman gedung rektorat. Fakultas Syariah (Fasya) bertempat di IAIN Cirebon Center (ICC). 


Penyelenggaraan PBAK Fakultas ini dilaksanakan setelah penyelenggaraan PBAK Institut pada Senin, (21/8) yang ditanggungjawabkan kepada tiap DEMA Fakultas dan panita dari tiap fakultas.


Dalam penyelenggaraan PBAK Fakultas tahun ini memiliki ciri dan konsep yang berbeda setiap tahunnya. Dilansir dari keterangan Fahrudin Al Kahfi, Ketua Pelaksana PBAK Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam (FDKI) sebagai salah satu fakultas yang menyelenggarakan PBAK Fakultas, mengatakan bahwa perbedaannya ada pada konsep, koordinasi sampai pada konsumsi di mana tahun lalu diakomodasi langsung oleh DEMA Fakultas. Namun, tahun ini dialihkan kepada DEMA Institut.


Atas perbedaan yang terjadi pada tahun ini. Fahrudin mengeluhkan mengenai peraturan dan teknis yang diatur oleh DEMA-I. Salah satunya terjadi miskomunikasi dari kedua belah pihak mengenai vendor yang bahkan pada pagi hari penyelenggaran PBAK Fakultas, tenda masih belum rampung. Hal ini membuat hambatan pada pelaksanaan acara yang juga harus didekor oleh panitia acara. Kendala lain yang dikeluhkan oleh Fahrudin adalah permintaan akan teknis dan alat untuk kelengkapan PBAK FDKI yang hanya disetujui saja. Namun, dari pihak DEMA-I tidak memberikan apa yang dibutuhkan oleh panitia FDKI.


Terjadinya hal-hal di luar rencana yang dialami Panitia FDKI disebabkan oleh keterlambatan informasi terutama pada informasi vendor yang menyebabkan banyak dari mahasiswa baru kepanasan terutama untuk mahasiswa baru FDKI tahun ini berjumlah sekitar 500 mahasiswa. Fahrudin mengatakan harapannya untuk PBAK Fakultas, "Harapannya acara PBAK untuk ke depannya lebih mengedepankan apa yang dibutuhkan oleh pihak-pihak fakultas. Harus dikomunikasikan lagi terus juga harus jelas konsumsi untuk siapa dan lebih tepatnya harus menjaga persaudaraan."


Penulis : Hanipah

Reporter : Hanipah, Fatika, Myla

Editor: Akhmad J.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama