(Sumber Foto Dokumenter Panitia)

IAIN, LPM FatsOeN – Untuk memperingati Milad yang ke-11 tahun, Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Hay’atu Tahfidzil Qur’an (HTQ) menggelar acara Semarak Seni Qur’ani 2023 dengan mengusung tema “Meraih prestasi dengan melangitkan kalam ilahi agar terciptanya generasi yang berpotensi seni Qur’ani”, Kamis (21/09)


Acara ini dibuka oleh pembina UKM HTQ, yaitu KH. Muhadditsir Rifa’I dan dihadiri oleh Pembina UKM HTQ, ketua DEMA-I, perwakilan beberapa UKM/UKK IAIN Syekh Nurjati Cirebon, dan alumni UKM HTQ.


Acara ini digelar di Auditorium Gedung Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI), pada pukul 08.00 s.d selesai. Acara kali ini diadakan berbagai perlombaan yakni, lomba MHQ, lomba MTRQ, dan adapun beberapa rangkaian acaranya yakni, seminar tahfidz, santunan anak yatim piatu, haflah tilawah, puncak miladiyah: IAIN Cirebon Bersholawat. Kemudian, dalam acara Seminar Tahfidz yang turut mengundang Ning Nadia Abdurrahman selaku Influencer Tahfidz Al-Qur’an.


Adapun, malam puncak Semarak Seni Qur’ani ini akan dilaksanakan pada tanggal 25 September 2023 yang bertempat di IAIN Cirebon Center (ICC) IAIN Syekh Nurjati Cirebon yang mana dalam malam puncak acara Semarak Seni Qur’ani ini akan dihadiri oleh Gus Yusuf Al-Lampungi.


Terdapat hal yang membedakan acara Semarak Seni Qur’ani tahun ini dengan tahun sebelumnya yakni, di mana lebih sedikit perlombaan yang diadakan. Jika tahun lalu kategori untuk perlombaan dibuka untuk kalangan SMA dan Mahasiswa, tahun sekarang dibuka hanya untuk anak-anak SD/MI, SMP/MTS, SMA, dan untuk kategori Mahasiswa sampai batas umur 22 Tahun. Lalu, dalam konsep acara seminar, jika tahun lalu pematerinya dari lokal, di tahun sekarang pematerinya dari tingkat Nasional.


Dalam wawancara dengan Ketua Pelaksana yaitu Ahmad Fadhil membahas mengenai tema Semarak Seni Qur’ani mengatakan “mengambil tema tersebut terutama dibagian akhir ‘terciptanya generasi yang berpotensi seni Qur’ani’ ini sejalan dengan Visi Misi UKM HTQ yaitu menciptakan generasi yang mencintai Al-Qur’an yang selalu melangitkan kalam-kalam ilahi dan tentunya selalu membawa nilai-nilai ke-Al-Qur’an-an sehingga bisa memunculkan bakat-bakat atau orang-orang di UKM HTQ yang berpotensi dalam hal seni Qur’ani”


Ahmad Fadhil juga mengharapkan internal UKM HTQ sendiri bisa terus mengembangkan kegiatan-kegiatan yang positif dan kegiatan-kegiatan yang terus bermanfaat khususnya untuk internal IAIN Syekh Nurjati Cirebon.



Penulis:  Nuraini 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama