Foto: Anggi Fajar Syahputri
Praktik Kegiatan Manasik Mahasiswa di IAIN Cirebon


LPM FatsOeN, Kampus IAIN SNJ Cirebon — Minggu, (19/11) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati Cirebon menggelar kegiatan Praktik Manasik Haji dan Umrah diikuti oleh seluruh 2.957 mahasiswa semester 5 yang terbagi ke dalam 40 kelompok manasik, di mana setiap satu kelompok terdiri dari dua kelas. 

Kegiatan ini bertempat di halaman Ma'had Al Jamiah dan Halaman gedung rektorat IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Manasik ini merupakan rangkaian dari Praktik Ibadah ke-2 yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa tentang syarat, hukum, dan rukun dalam ibadah manasik haji dan umroh; serta meningkatkan kualitas kesadaran sosial keagamaan mahasiswa. Hal ini diungkapkan oleh Yanti selaku ketua pelaksana.

"Tujuan acara ini itu agar mahasiswa mempunyai pengalaman yang real untuk praktek manasik haji dan umrah ketika nanti mereka sudah siap untuk beribadah haji dan umrah, menumbuhkan spiritual juga, sih. Karena kan diajak untuk memvisualisasikan seolah-olah kita ada di depan kakbah," ujarnya. 

Kegiatan ini dimulai sejak pagi hari pukul 06.30 WIB hingga selesainya kegiatan pukul 09.30 WIB. Kegiatan ini diawali dengan berkumpulnya para mahasiswa di Area Gedung Pascasarjana untuk melaksanakan niat ihram umrah. 

Setelah melaksanakan niat, selanjutnya mahasiswa melakukan rangkaian ibadah umrah di halaman Ma'had Al Jamiah dan kembali ke Pascasarjana untuk melakukan niat ihram Haji dilanjutkan dengan pelaksanaan wukuf dan melempar jumroh di Halaman Gedung Rektorat dan kembali melaksanan thawaf hingga rangkaian ibadah haji selesai di Halaman Ma'had Al-Jamiah. 

Kegiatan ini merupakan kegiatan praktik manasik pertama bagi pengurus baru Ma'had Al-Jamiah setelah masa pergantian pengurus. Pergantian pengurus ini disebabkan pergantian Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati delapan bulan silam. 

"Karena rektor berubah, semua struktural pengurusnya juga berubah termasuk (pengurus) Ma'had juga," ujar Yanti.

Adapun susunan kepanitiaan manasik haji dan umrah IAIN Syekh Nurjati Cirebon tahun ini, pihak Ma'had membuka rekrutmen bagi pembimbing dan pendamping yakni, dosen dan pengurus KBIH setempat, tentunya dengan berbagai syarat dan ketentuan. Salah satunya, pernah melaksanakan haji dan umrah bagi pembimbing. 

Terdapat perubahan jam dalam rundown kegiatan Manasik tahun ini yang semula dimulai pukul 07.30 WIB menjadi 06.30. Hal ini dikarenakan jika dimulai lebih pagi, kegiatan manasik haji dan umrah dapat berjalan dengan baik dan cuaca tidak terlalu panas. Hal ini ditanggapi dengan baik oleh pengurus baru sesuai masukan dari pengurus lama Ma'had Al-Jamiah.

Adapun konsekuensi bagi mahasiswa semester 5 yang tidak mengikuti kegiatan manasik tahun ini yaitu diharuskan untuk mengikuti manasik haji dan umrah di tahun selanjutnya.


Penulis: Siska Aditia, Akhmad J.

Editor: Tim Editorial LPM FatsOeN

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama