Sumber Foto: Panitia FatSoen


 Sebanyak 25 Anggota Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) FatsOeN melakukan Studi Banding dengan Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Institut yang berada dibawah naungan Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta pada 30 November 2023. 


Kegiatan ini merupakan salah satu program kerja (proker) divisi Penelitian dan Pengembangan (Litbang) LPM FatsOen yang dilaksanakan rutin setiap tahunnya dengan bertujuan menjalin silahturahmi dan meningkatkan solidaritas antar LPM, serta menjadi sarana untuk evaluasi dan komparasi juga mengenal program dan produksi konten dari LPM lain.


Kegiatan ini diawali dengan perkenalan antar sesama anggota LPM dilanjut dengan diskusi interaktif mengenai profil, prospek kerja serta produk yang dihasilkan dari masing-masing LPM.


LPM institut sendiri berdiri pada tahun 1984 dan memiliki empat divisi, yakni Badan Pengurus Harian (BPH), Keredaksian, Penelitian dan Pengembangan serta Perusahaan. LPM Institut menghasilkan beberapa produk jurnalistik, diantaranya tabloid yang berisi himpunan tulisan dari beberapa anggota LPM tentang isu-isu yang berada di lingkungan kampus. Selain membahas seputar kampus, LPM Institut juga mengangkat isu-isu Nasional yang sedang booming dan dihimpun menjadi sebuah majalah. Tabloid dan majalah dirancang sedemikian rupa untuk menarik minat bagi para pembaca.


Dalam ranah digital, LPM Institut menerbitkan produk jurnalistiknya dalam kanal youtube dan portal berita online berisi tulisan yang terbagi ke dalam beberapa topik pembahasan, yaitu Laporan Khusus, Laporan Utama, Kampusiana, Opini, Sastra, Humanitas serta Resensi Buku dan Film.


Meskipun terdapat beberapa kendala seperti macet yang menghambat kegiatan, namun secara keseluruhan studi banding Tahun ini berjalan dengan lancar dan diharapkan dapat menjadi sebuah wadah untuk membentuk relasi antar kedua LPM serta sebagai referensi untuk pengembangan lembaga pers mahasiswa kedepannya. Hal ini disampaikan oleh Raihan selaku Ketua Pelaksana Studi Banding LPM FatsOen 2023.


"Acaranya cukup berjalan lancar walaupun ada kendala seperti macet dan Semoga ada bahan refleksi, ada bahan pembelajaran dari kegiatan yang sudah dilalui," Tutur Raihan.


Penulis: Siska Aditia

Editor: Akhmad J.


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama