Sumber Foto: Panitia FatsOeN


Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) FatsOeN melakukan kegiatan menyambangi Media-media jurnalistik yang ternama di Jakarta pada tanggal 29-30 November 2023.


Kegiatan itu bernama FatsOeN Visit 2023, kegiatan ini bertujuan untuk menjaring referensi dan menambah wawasan terkait media jurnalistik nasional. ilmu-ilmu dan pengalaman yang didapatkan tersebut kemudian diaktualisasikan untuk menambah daya gerak FatsOeN sebagai media pers mahasiswa yang lebih kredibel dan komprehensif. Hal ini senada dengan tema kegiatan, yakni "Menjaring Referensi dan Membentuk Citra LPM FatsOeN sebagai Media Pers Mahasiswa yang Komprehensif".


Media yang dikunjungi adalah Republika dan Gatra Media, kedua media ini mempunyai ciri khas masing-masing. Republika adalah surat kabar yang bertujuan untuk memberikan informasi tentang agama, budaya dan Islam.

Surat kabar ini dianggap sebagai salah satu platform media Islam terkemuka di Indonesia. Dengan rubrik khusus seperti rubrik “Islam” dan “Keluarga Muslim”, Republika menyajikan konten menarik bagi pembaca yang ingin mempelajari lebih jauh ajaran agama dan budaya Islam.

Republika pun mengikuti arus kemajuan teknologi meninggalkan pemberitaan melalui media cetak seperti majalah dan koran. Meskipun begitu isi yang terkandung di majalah atau koran tidak hilang, hanya beralih ke digital. Di era digital, semakin banyak orang yang beralih ke sumber informasi online, dan Republika menyadari pentingnya beradaptasi dengan perkembangan ini. Kemudahan ini memungkinkan pembaca atau khalayak umum untuk mengaksesnya.


Sementara itu, Gatra Media fokus mereka adalah majalah berita mingguan yang menawarkan berbagai perspektif dan topik yang berbeda dengan Republika. Majalah ini dinamis dan berani dalam membahas berbagai isu politik, sosial, ekonomi, serta budaya. Berita-berita Gatra berisikan investigasi yang mendalam dan berimbang, sehingga isinya disuguhkan dengan berita-berita yang kredibel bagi pembaca yang ingin mendapatkan gambaran yang komprehensif mengenai suatu peristiwa yang terjadi.


Selain berbagi materi dan pengalaman, suasana yang harmonis dari kedua media ini menambah stimulus anggota FatsOeN untuk belajar banyak dari mereka. Di Republika anggota FatsOeN diajak berkeliling melihat isi ruangan kerja Republika serta bercengkrama langsung dengan para pegawai.


"Jadilah wartawan yang memberi pesan, bukan wartawan yang di pesan"


Penulis: Iswanto 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama