Sumber foto: panitia acara

LPM FatsOeN, Stadion Bima Kota Cirebon – Minggu, (10/12/2023) Dewan Eksekutif Mahasiswa IAIN Syekh Nurjati Cirebon (DEMA-I) berkolaborasi dengan UKM/UKK menggelar aksi penggalangan dana untuk membantu warga Palestina yang saat ini tengah mangalami krisis kemanusiaan dengan membentuk gerakan Peduli Palestine. 


Sehari sebelum kegiatan galang dana, dilaksanakan rapat koordinasi terlebih dahulu bersama seluruh ketua/perwakilan ormawa secara virtual. Rencananya aksi ini dilaksanakan selama tiga hari dengan lokasi yang berbeda, untuk hari pertama dilaksanakan hari Minggu (10/12) di sekitar Stadion Bima, lalu dilanjut hari Selasa (12/12) bertempat di setiap kelas per fakultas, dan hari Rabu (13/12) berlokasi di Lampu Merah Pemuda.


Ketua DEMA-I, Fahmi Farhan M., mengatakan aksi ini diinisiasi karena merespon kejadian yang dialami saudara kita di Gaza Palestina, untuk songsongan dari masyarakat termasuk kalangan mahasiswa perlu adanya rasa peduli akan hal itu, sehingga kami mengadakan Peduli Palestine bersama seluruh ormawa di lingkup IAIN Syekh Nurjati Cirebon.


Kemudian koordinator aksi penggalangan dana, Habib F., menambahkan, "yang melatarbelakangi kegiatan ini karena melihat di Palestina sedang terjadi konflik mengakibatkan kemanusiaan di sana dihancurkan, sehingga itu yang menggerakan kita galang dana dengan tema Ormawa IAIN Peduli Palestine." Ujarnya.


Aksi yang diikuti sekitar 20 partisipan ini pada hari pertama berhasil terkumpul sejumlah Rp832.200. Nantinya donasi ini akan disalurkan melalui Sahabat Yatim yang bekerja sama dalam mendatangkan Syekh Ibrahim dari Palestina pada hari puncak DEMA Duwe Gawe.


Selanjutnya dijelaskan Habib, bahwa ke depannya akan ada rapat koordinasi kembali untuk bergerak di galang dana seluruh Ormawa IAIN sesuai dengan tema Dema Duwe Gawe yakni "Ngobeng Yuh". 


Ia berpesan, "ingin membangun rasa kemanusiaan di lingkungan IAIN untuk turut membantu bersama dalam aksi kemanusiaan ini. Kemudian ormawa mempunyai rasa empati lebih agar lebih peduli sesama manusia apalagi sekarang kondisi di Palestina sangat memprihatinkan. Semoga dana yang telah dikumpulkan dapat bermanfaat untuk warga di sana." Pungkasnya.


Selaras dengan hal tersebut Fahmi berharap galang dana yang dilakukan oleh ormawa IAIN Syekh Nurjati Cirebon meskipun tidak terlalu banyak ini, mudah-mudahan bisa bermanfaat baik teman-teman semua di ormawa, serta bisa membantu dari segi apapun bagi saudara kita yang berada di Palestina.


Penulis: Fadlih Abdul H

Editor: Inggit

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama