Ilustrasi: canva.com/Akhmad J.
Ilustrasi Atmosfera Positif Orang


Kebanyakan orang berpikir bahwa hari libur itu waktu berharga untuk beristirahat dan bersantai. Padahal jika kita terus-menerus bersantai selama hari libur yang sangat panjang, kita akan cepat bosan dan menyia-nyiakan waktu berharga kita.

Oleh karena itu, kita dapat melakukan hal positif yang tentunya lebih bermanfaat untuk mengisi waktu libur seperti mengasah soft skill, hard skill, menyalurkan hobi, dan masih banyak lagi.


1. Mengasah Soft Skill

Soft skill merupakan salah satu kemampuan mahal yang hanya dapat kita miliki melalui pengalaman selama kita hidup. Adapun cara yang dapat kita lakukan untuk mengasah soft skill adalah :

Volunteer (sukarelawan)

Volunteer (sukarelawan) dapat memberikan banyak manfaat untuk mengisi waktu libur kita. Dengan kita menjadi sukarelawan dalam sebuah event, kita akan mendapatkan banyak manfaat untuk meningkatkan soft skill seperti kemampuan komunikasi, kepemimpinan, kolaborasi dan manajemen waktu serta menambah referensi pengalaman, memperluas relasi, dan melatih kepekaan sosial.

Freelancer

Dilansir dari Upwork, seorang freelancer adalah pekerja yang mengerjakan suatu tugas dari klien tanpa komitmen menjadi karyawan full-time. Freelance juga memberikan banyak keuntungan untuk mengisi waktu libur kita. Keuntungan itu seperti fleksibilitas waktu untuk bekerja dan kesempatan untuk mengembangkan keterampilan. Selain kedua manfaat itu, kita juga akan mendapatkan pengalaman kerja serta penghasilan tambahan.


2. Mengasah Hard Skill

Berbeda dengan soft skill, hard skill adalah kemampuan yang dapat dipelajari dan diukur. Karena hard skill dapat dipelajari, maka hal ini juga mampu dikembangkan melalui kursus serta pelatihan.

Nah, di masa liburan ini kita dapat mengisinya dengan mengikuti kursus atau pelatihan, seperti kursus bahasa, kursus komputer, kursus menjahit, pelatihan memasak, dan lain-lain.


3. Menyalurkan Hobi

Hari libur panjang menjadi kesempatan sempurna untuk menikmati waktu luang dengan melakukan hobi dan minat yang kita sukai. Saat kita sibuk dengan rutinitas sehari-hari, seringkali sulit untuk menemukan waktu yang cukup untuk mengejar hobi dan minat kita.

Oleh karena itu, selagi waktu libur masih ada,  kita bisa memanfaatkannya dengan melakukan hobi dan minat yang kita sukai. Seperti halnya penulis yang mengisi waktu liburannya dengan menyalurkan hobi, seperti:

Membaca dan Menulis

Jika kita hobi membaca, waktu libur panjang dapat kita manfaatkan untuk mengejar tumpukan buku yang belum sempat dibaca.

Kita bisa memilih genre buku yang kita sukai. Ada banyak genre yang dapat kita pilih seperti fiksi, nonfiksi, atau buku inspirasional. 

Selain membaca, kita juga bisa menyalurkan kreativitas dengan menulis. Kita bisa mencoba untuk menulis cerpen, puisi, atau mungkin memulai proyek menulis buku yang sempat tertunda.

Berolahraga

Selain dapat menyalurkan hobi, berolahraga juga memberi banyak manfaat untuk diri kita. Dengan berolahraga kita menjadi sehat dan bugar.


4. Mencoba Hal Baru

Kita sering kali melakukan kegiatan yang terus berulang sehingga cepat merasa bosan. Tetapi, kita juga bingung bagaimana cara mengatasi rasa bosan tersebut. Nah, kita dapat mencoba hal baru untuk mengatasi permasalahan itu.

Dalam mencoba hal baru sering kali kita bingung untuk memulainya. Padahal kita bisa memulainya dengan hal sederhana yang membuat kita tertarik.


Semua itu adalah kegiatan bermanfaat yang dapat kita lakukan untuk mengisi waktu luang selama masa libur semester ini. Tetap produktif mengisi liburannya, yaa, FatsOeNist. 


Penulis : Abirrotun Nabilah & Farkhan Rizki Anwar 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama