Ilustrasi Mahasiswa IAIN Syekh Nurjati Cirebon, saat menggunakan sarana wifi. Foto : LPM FatsOeN/Fathnur Rohman

LPM FatsOeN, Cirebon - Berbagai macam cara dilakukan mahasiswa agar bisa mengakses sarana wifi yang ada di kampus IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Contohnya  Anggun, mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam semester V. Ia mencoba mengakses wifi, dengan cara meminjam NIM (Nomor Induk Mahasiswa) dari mahasiswa lain atau dengan menggunakan username nama jurusan. 

“Kalau akses wifi kampus, Anggun biasanya pake username nama jurusan sih,  terus paswordnya 123 atau mengggunakan NIM kaka tingkat yang jarang digunakan lagi, soalnya NIM Anggun belum bisa dipakai" ucapnya, saat ditemui LPM FatsOeN. Kamis, (17/10).

Anggun merupakan salah satu dari sekian mahasiswa, yang sedikit kesusahan untuk bisa mengakses fasilitas wifi kampus. Sebenarnya, dalam mengakses fasilitas wifi di kampus cukup mudah. Biasanya mahasiswa hanya perlu menggunakan username NIM sendiri dan password dari nama sendiri. Namun, untuk mahasiswa baru dan tiga tahun kebelakang, mereka memiliki kendala saat mencoba mengaksesnya. Hal tetsebut dikarenakan  NIM mereka belum terdaftar di PTIPD (Pusat Data Informasi dan Pangkalan Data).

Ketua PTIPD, Darwan mengakui hal itu. Kebayakan mahasiswa tersebut belum mempunyai Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) . Padahal KTM merupakan tanda, jika mereka adalah mahasiswa IAIN. Mengingat, yang boleh mengkses wifi kampus hanya mahasiswa, dosen, serta civitas akademik IAIN Cirebon lainnya.

“Tahu dia mahasiswa kita kan ngelihatnya bisa dari KTM” kata Darwan.

Darwan menyampaikan, untuk bisa mengakses wifi membutuhkan KTM. Maka dari itu Darwan memberikan tawaran untuk mahasiswa agar datang langsung ke kantor PTIPD untuk mendaftar.

“Silahkan mahasiswa yang belum bisa mengakses wifi kampus, datang langsung ke PTIPD dengan membawa KTM” tambah Darwan. 

Dirinya juga menyarankan, jika masih ada mahasiswa yang belum mempunyai KTM, maka alternatifnya bisa menggunakan KTM sementara atau dari jurusannya  masing-masing. Pihak jurusan harus melakukan insiatif iventarisir mahasiswanya yang belum bisa mengakses wifi dengan membuat daftar nama, jurusan, NIM, serta passwordnya

Reporter : Nur Azizah
Penulis : Nur Azizah

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama