(Dok. Tim LPM FatsOeN)

Fatsun.id, Cirebon - FatsOeN merupakan Lembaga Pers Mahasiswa, sebuah organisasi jurnalis yang menjadi wadah kreativitas dan sumber informasi sekaligus kontrol sosial di lingkungan kampus, khususnya di IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

FatsOeN terbentuk sejak tanggal 15 Juni 2000, yang berarti telah menginjak 21 tahun. FatsOeN sendiri masih terus eksis dan berkontribusi dalam dunia pers mahasiswa. Oleh karena itu, dalam rangka Dies Natalis LPM FatsOeN ke-21 ini diadakan beberapa rangkaian kegiatan diantaranya Seminar Kepenulisan, Charity, Sharing, dan Awarding. Kegiatan ini dicanangkan berlangsung pada 26 Juli & 2 Agustus 2021.

Seminar kepenulisan dengan tema “Explore Your Potential by Writing During a Pandemic” dilaksanakan pada Senin (26/7/2021). Seminar ini dilaksanakan secara daring melalui Zoom Meeting dan disiarkan langsung di akun YouTube LPM FatsOeN.

(Dok. Tim LPM FatsOeN)

Diikuti oleh berbagai kalangan, mulai dari sesama Lembaga Pers Mahasiswa, siswa, ataupun masyarakat umum. Peserta yang mengikuti seminar kepenulisan ini bukan hanya yang berasal dari Cirebon saja, melainkan dari luar kota, bahkan dari luar pulau.

“Targetnya peserta seminar bisa menulis laporan berita, menulis esai dan menulis opini yang baik dan sesuai dengan kaidah kepenulisan,” ujar Saeful selaku ketua pelaksana Dies Natalis LPM FatsOeN.

Dengan adanya seminar kepenulisan ini diharapkan peserta mampu menghasilkan output berupa laporan berita, menulis esai, dan menulis opini dengan baik sesuai dengan kaidah kepenulisannya.

Seminar ini disampaikan oleh dua pemateri yang mumpuni di bidangnya yaitu Mas Abdul Jalil dengan tema “Teknik Menulis Laporan dan Berita” yang dimulai pukul 10:00 s.d. 11:30 WIB. Yang kedua, Mas Ahmad Abdul Rifa’i dengan tema “Teknik Menulis Artikel Esai dan Opini” yang dimulai pukul 12:30 s.d. 14:00 WIB.

Selama kegiatan ini berlangsung peserta sangat antusias, apalagi saat sesi diskusi bersama pemateri yang pertama ataupun pemateri yang kedua.

Kemudian acara lainnya di hari pertama ini yakni charity. Charity merupakan salah satu rangkaian acara Dies Natalis juga yang mana kegiatan ini bertempat di Graha Yatim & Dhu'afa (GRAY) di Jl. Cideng Raya, Kedawung.

(Dok. Tim LPM FatsOeN)

Kegiatan charity ini diberi tajuk, FatsOeN Berbagi yang ditujukan sebagai salah satu bentuk rasa syukur dan menebar kebermanfaatan.

Dalam prakatanya Syaefullah selaku Ketua Pelaksana mengatakan, “Sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat bagi orang lain, semoga dengan adanya charity pada Dies Natalis kali ini bisa menumbuhkan kepedulian sosial & menebar kebaikan untuk kemaslahatan umat.”

Acara ini tak lepas dari menyesuaikan situasi, mengingat keadaan kita saat ini ikut menangani/mencegah covid-19. Maka pelaksanaan acara pun disesuaikan, yakni total secara daring/online. Kemudian kedepannya masih ada pelaksanaan di hari kedua, yakni di tanggal 2 Agustus.


Oleh Aisha, Anita, dan Rifki.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama