Tangkapan Layar Selayang Pandang Surat Kilat
 yang Terbit pada Minggu, (22/1/2023).
Sumber: Dokumentasi Penulis

Pengambilalihan administrasi penerimaan calon anggota SEMA-I menjadi perbincangan sejak dikeluarkan surat dari Warek III, Minggu (22/1) kemarin. Isi surat menginstruksikan kepada panitia, bahwa segala proses seleksi calon anggota SEMA-I, gugur. Penyebabnya adalah adanya ketidaktaatan terhadap POK IAIN Syekh Nurjati Cirebon dan adanya upaya intimidasi kepada Panitia Pemilihan Mahasiswa Institut (PPM-I).

FatsOeN sudah mencoba menghubungi Ilman Nafia, selaku Wakil Rektor III sejak hari Senin (23/1) untuk diwawancara, namun, baru dapat ditemui di ruangannya, Selasa (24/1).

Ia menegaskan bahwa dalam surat yang dikeluarkannya hanya berfokus dari sisi administrasi saja, untuk tahap selanjutnya diserahkan kepada Panitia Pemilihan Mahasiswa Institut (PPM-I).

“Saya hanya dari itu saja (administrasi), untuk selanjutnya itu bagaimana panitia,” ujarnya

Selain itu, ia mengatakan bahwa, sudah semestinya penyeleksian atau penerimaan yang dilakukan Panitia Pemilihan itu sesuai dengan POK. Bahkan ia mengatakan, bahwa ia penyelamat karena ada kelalaian ini, sehingga dapat diketahui masalahnya.

“Ya, kalau bukan saya, siapa lagi. Beruntung saya bisa menyelamatkan kekeliruan ini,” ujarnya.

Saat FatsOeN menanyakan ihwal intimidasi, mendadak ia meminta untuk menghentikan rekaman. Meski sudah mencoba diperjelas bahwa untuk kebutuhan publikasi berita, ia tetap meminta rekaman dihentikan, bahkan ia secara paksa meminta rekaman itu dihapus langsung saat itu juga.

Menjawab pertanyaan sebelumnya, ia mengatakan bahwa memang terjadi intimidasi kepada salah satu panitia dan ada yang melapor kepadanya. Ia membenarkan peristiwa tersebut, dalam bentuk ancaman baik secara fisik maupun non fisik. Namun ia tidak menyebut siapa panitia dan pelaku yang dimaksud serta bagaimana intimidasi terjadi secara spesifik.

Setelah wawancara dengan FatsOeN selesai, beliau akan langsung siap-siap untuk memverifikasi data Calon anggota Sema Institut yang bertempat di lantai 3 rektorat.


Penulis: Rifki, Dimas/FatsOeN
Editor: Tim Editorial LPM FatsOeN

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama