Sumber foto: Ibnu
Potret Kegiatan KKN Kelompok 108 di Desa Gesik Tengah Tani Cirebon


Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) berkolaborasi dari mahasiswa IAIN Syekh Nurjati Cirebon dengan UIN Sunan kalijaga Yogyakarta dilaksanakan di desa Gesik, Blok Babadan, Kecamatan Tengah Tani, Kabupaten Cirebon.

Kegiatan Mahasiswa KKN melakukan kunjungan dengan mengamati lingkungan sekitar yang berlokasi di Gesik Tengah Tani. Desa Gesik Tengah Tani Kabupaten Cirebon dikenal sebagai salah satu Desa yang berfokus pada Pertanian.

Luasnya lahan sawah pertanian padi dengan perawatan pupuk dan disiram setiap hari, memungkinkan untuk menghasilkan hasil panen yang baik. Pertanian di Gesik Tengah Tani Cirebon dalam kehidupan pertaniannya seringkali mengandalkan bibit Inpari 32 agar hasil panen lebih tinggi.

"Kalau daun padi mulai berubah warna kuning tandanya ada penyakit, jadi perlu diberikan semacam obat, seperti garam yang ditaburkan ke padi," Ujar Robadi selaku petani Desa Gesik.

Olahan tani berupa padi di Desa Gesik, tengah menjadi Usaha yang gandrung dan memiliki keunggulan antara lain secara tidak langsung telah menerapkan prinsip Pengendalian Hama Terpadu (PHT). 

Dapat diketahui, bahwa usaha tani padi adalah kegiatan bercocok tanam dengan komoditi tanaman pangan yang biasanya identik dengan pertanian rakyat. 

Tanaman padi dibudidayakan untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga petani terlebih dahulu, lalu petani menjual sebagian hasilnya untuk menerima pendapatan sebagai modal pada penanaman berikutnya.

Tengah Tani itu sendiri memiliki 8 desa, di antaranya Desa Astapada, Battembat, Dawuan, Gesik, Kalibaru, Kalitengah, Kemlakagede, dan Palir.

"Perawatan tanaman padi dilakukan dengan tiga hal yaitu penyiangan, pengairan, dan pemupukan. Penyiangan dilakukan dengan menjaga kebersihan lahan dari tanaman pengganggu. Penyiangan harus dilakukan rutin setiap periode waktu tertentu. Selanjutnya untuk pemupukan, dilakukan pertama kali setelah tanaman padi berusia satu minggu. Jenis pupuk yang diberikan adalah pupuk urea." Ucap Robadi.

Ketika Panen, padi tersebut dapat terlihat dengan tanda-tanda yang sudah muncul pada tanaman padi yakni, sudah menguning dan merunduk. Adapun, pencegahan hama dan penyakit dapat dicegah dengan memberikan pestisida.


Penulis: Dita Rosyalita

Editor: Tim Editorial LPM FatsOeN

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama