Sumber Foto: Panitia Acara


Direktorat Jenderal Pendidikan Islam melaksanakan kegiatan Koordinasi Nasional dan Launching Media Arina.id pada Jumat (15/12/2023) di Hotel The Ritz-Carlton Jakarta. Hotel yang pernah dinobatkan sebagai hotel terbaik se-Asia Pasifik pada tahun 2022 ini menjadi saksi pertemuan antara dua Menteri, Para Rektor, dan Mahasiswa dalam satu ruangan.


Acara ini bertujuan memantapkan kebijakan Sindikasi Media dalam upaya pengarusutamaan moderasi beragama di ruang digital. Hingga kini telah terbangun jejaring media Moderasi Beragama yang dikelola oleh Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN). 


Adapun pertemuan ini diikuti segenap pejabat Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI), seluruh Rektor PTKIN, ketua Rumah Moderasi Beragama se-PTKIN, pengelola Pers Mahasiswa seluruh PTKIN, dan Pengelola Sindikasi Media.


Myla Lestari, selaku Sekretaris Umum LPM FatsOeN turut hadir menjadi delegasi. Sementara, Rektor IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Prof. Dr. Aan Jaelani, M. Ag tidak sempat hadir dan diwakilkan oleh Wakil Rektor 3, Prof. Dr. Hajam, M.Ag.


Inti dari acara ini adalah Launching kanal Media arina.id, media yang baru saja berumur 4 bulan ini memiliki tujuan menjadi media penjernih di tengah banjirnya informasi keislaman saat ini.


"Arina.id adalah sebuah portal keislaman masa kini, yang mengambil jalan lebih progresif daripada portal-portal yang sudah ada sebelumnya," ungkap Ishaq Zubaedi Raqib selaku Direktur Utama arina.id.


Acara dimulai dengan menyanyikan lagu Kebangsaan Indonesia Raya oleh seluruh peserta dan para tamu yang datang, dilanjut dengan pembacaan ayat suci Al-Qur'an dan doa yang membuat acara ini semakin khidmat.


Selepas doa, berlanjut ke acara penyampaian dari Direktur Utama arina.id, Ishaq Zubaedi Raqib. Dalam penyampaiannya, ia berharap agar arina.id dapat diketahui oleh khalayak dan terus menyuarakan moderasi beragama. Dengan menjaring sekitar 50 media kampus islam, arina.id menjadi media yang menjaring rumah moderasi.


"Bersama arina.id ada orang-orang hebat, ada para pakar dalam bidang-bidang tertentu, arina.id berusaha menjadi perekat dari demikian banyak sekitar 50 jejaring media yang tumbuh subur di kampus islam Indonesia, tumbuh dari rumah moderasi, dan arina menjadi jalan yang menjaring rumah moderasi," ungkapnya.


Setelah penyampaian dari Direktur Utama, acara diramaikan dengan adanya penampilan live music yang dipandu oleh penyanyi terkenal, Fryda Lucyana. Melalui suara merdunya, ia memikat penonton untuk ikut bernyanyi bersama.


Usai Fryda menyanyikan dua lagu, beralih pada puncak acara yakni Launching arina.id. Mempersembahkan video luar biasa, arina.id sukses membuat riuh tepuk tangan para penonton.


Dalam acara tersebut, Menteri Agama (Menag), Yaqut Cholil Qoumas berpesan agar arina.id dapat menjadi sarana untuk mengembangkan moderasi beragama.


“Saya minta arina menjadi salah satu kontributor serta menjaga sifat-sifat baik bangsa ini. Kembangkan arina.id ini sebagai bagian dari promosi dan kampanye kita terhadap moderasi beragama,” pesan Menag dalam sambutannya.


Penulis : Iswanto

Editor: Siska, Inggit

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama