Sumber Foto: Pinterest 

Tak terasa saat ini kita sudah berada di penghujung Ramadan. Sebelum Ramadan berakhir mari kita lakukan salah satu aktivitas baik yakni muhasabah, untuk tujuan memperbaiki diri dan berbenah agar pasca Ramadan, kita bisa tetap istikamah dalam takwa. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), muhasabah berarti introspeksi. Sementara introspeksi berarti peninjauan atau koreksi terhadap perbuatan, sikap, kesalahan, dari diri sendiri. Muhasabah adalah salah satu cara membersihkan diri dari kesalahan-kesalahan yang pernah dibuat.

Muhasabah berasal dari bahasa Arab. Akar kata dari muhasabah adalah hasaba-yahsubu-hisaaban. Artinya menghisab atau menghitung. Sedangkan dalam terminologi Islam, muhasabah merupakan upaya seseorang dalam melakukan evaluasi diri terhadap setiap kebaikan serta keburukan pada semua aspek kehidupan seseorang. Setidaknya ada dua hal yang perlu diinstrospeksi atau menjadi bahan muhasabah di akhir Ramadan. 

Pertama berkenaan dengan perbaikan hubungan kita dengan Allah. Selama Ramadan, kita terbiasa menahan diri dari sesuatu yang Allah membatalkan puasa, makan dan minum. Selain itu, selama Ramadan kita juga dianjurkan untuk memperbanyak ibadah, kebaikan serta menjauhi sikap dan perbuatan yang mengandung dosa semacam ghibah, namimah, dan lainnya yang memang menjadi makna lebih dalam dari menahan. 

Pasca Ramadan, sebisa mungkin berbagai ibadah, kebaikan dan sikap menahan diri dari sesuatu yang mengandung dosa itu harus dipertahankan. Termasuk budaya tadarus Al-Qur’an dan masih banyak lagi. Adanya Ramadan dan kewajiban berpuasa di sisi lain memang bertujuan untuk melatih dan menguatkan keimanan seorang muslim/muslimah. Sehingga mereka yang disebut menjadi pemenang adalah mereka yang berhasil mempertahankan keistikamahan dalam beribadah dan berbuat baik bahkan selain di bulan Ramadan. 

Bulan Ramadan merupakan bulan yang penuh kemuliaan karena di dalamnya terdapat momen-momen sejarah yang penting seperti Lailatul Qadar dan Nuzulul Qur’an. Pada bulan ini, rahmat dan ampunan Allah dibuka selebar-lebarnya kepada hamba-hamba di dunia. Sehingga Rasulullah Saw mengatakan dalam sabdanya: “Barang siapa yang mendapatkan bulan Ramadhan tetapi dia tidak mendapatkan ampunan Allah semoga dia jauh dari rahmat-Nya, maka Nabi pun mengamini doa malaikat Jibril tersebut”. (HR. Ibnu Hibban). Maka, manfaatkan sisa-sisa bulan Ramadan dengan baik dan doa kepada Allah agar setelah Ramadan Dia limpahkan kepada kita kemampuan untuk istikamah dalam ibadah dan berbuat baik. 

Kedua, berkenaan dengan hubungan antara kita dengan sesama manusia. Entah hubungan kita dengan orang tua, pasangan, tetangga, teman, sanak saudara dan lainnya. Momen bulan Ramadan harus membuat hubungan kita dengan sesama semakin baik. Silaturahim yang tadinya renggang harus kembali dikuatkan, hubungan yang tadinya ada masalah harus kembali direkatkan di bulan ini. Di Indonesia, kita mengenal ada tradisi mudik dan berkunjung dengan sanak saudara ketika Idulfitri tiba. Momen itulah yang mesti dimanfaatkan untuk memperbaiki hubungan kita dengan sesama manusia (menyambung silaturahim). 

Rasulullah Saw bersabda: “Kalian tidak akan masuk surga sampai kalian beriman, dan kalian tidak akan beriman dengan sesungguhnya sampai kalian saling mencintai. Maukah kalian aku tunjukkan sesuatu yang jika kalian lakukan kalian akan saling mencintai? Yaitu tebarkan salam di antara kalian” (HR. Muslim)

Rasulullah juga berpesan dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Al-Bukhari: "Barang siapa yang mempunyai kesalahan dengan sesamanya maka mintalah maaf karena di akhirat nanti tidak ada dinar atau dirham untuk menebusnya sebelum kebaikannya diberikan kepada temannya yang dizholimi, jika dia tidak memiliki kebaikan maka dosa teman yang dizholiminya itu diberikan kepadanya”. (HR. Al-Bukhari).

Mengakhiri tulisan ini, saya mengajak FatsOeNist untuk bersama melakukan muhasabah. Dengan begitu, semoga Ramadan kita semua diliputi berkah, kebaikan, ampunan sekaligus membuat diri meraih predikat takwa yang istikamah.  


Penulis: Muhamad Hijar Ardiansah (Anggota Magang LPM FatsOeN 2024) 

Editor: Ega Adriansyah 


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama