(Sumber Gambar: Freepik.com)

LPM FatsOeN- Introvert  adalah seseorang yang suka berada di lingkungan yang tidak begitu ramai, ia membutuhkan waktu sendiri untuk merasa mendapatkan energi (recharge) kembali. Seseorang yang introvert biasanya lebih suka sibuk sendiri dengan waktunya, biasanya mereka menyibukkan diri dengan hal seperti menulis, membaca buku, melukis dan mendengarkan musik.

Lalu, introvert anti sosial?

Oh, tentu tidak.

Introvert dan anti sosial itu berbeda. Introvert lebih cenderung pendiam, tenang, berhati-hati, dan lebih senang melakukan pekerjaan secara mandiri. Sedangkan, anti sosial itu lebih berbahaya. Mengapa berbahaya? Karena seorang anti sosial memiliki gangguan kepribadian tidak peduli akan perasaan orang lain, juga tidak memiliki rasa empati.

Jadi, Si Introvert tentu saja bisa mengikuti organisasi yang berada di lingkungan kehidupannya.

Buat kamu para introvert yang ingin mengikuti organisasi, yuk simak beberapa tips berorganisasi untuk introvert.

1.      1. Siapkan Diri

Seorang introvert harus menyiapkan diri, menyiapkan apa yang ingin di bicarakan dan siapkan keberanian dalam berbicara. Karena biasanya mereka susah untuk mengeluarkan dan menumpahkan pikirannya.

2.      2. Bergabung dengan Tim

Seorang introvert harus keluar dari zona nyaman dalam kesendiriannya, sehingga mereka harus bergabung dengan tim.

3.     3.  Berani Ambil Resiko

Walaupun tidak semua, biasanya introvert lebih berhati-hati dan takut mengambil resiko. Tetapi apa salahnya jika mencoba dulu. Karena kegagalan bias dijadikan acuan dan pembelajaran untuk ke depannya.

4.      4. Meng-Up Skill

Jangan malu untuk menujukkan skill yang  kita punya. Seorang introvert biasanya senang menganalisis hal detail dalam melaksanakan tugas. Skill tersebut bias dimanfaatkan dalam organisasi dan kita bisa melatih skill tersebut untuk terus berkembang.

Nah, jadi bias disimpulkan bahwa seorang introvert juga bisa berkontribusi dalam organisasi. Menjadi introvert bukanlah penghalang untuk melakukan segala kegiatan seperti organisasi yang berada di lingkungan kampus atau sekolah. Yuk berorganisasi! Organisasi itu seru, loh! Kita bias dapat hal baru yang belum kita lakukan sebelumnya.

Jika tips di atas belum bias melawan introvert-mu dan merasa cemas ikut berorganisasi. Datanglah ke terapis yang membantumu untuk mengerti penyebab introvert dan mendapat solusi yang kamu inginkan.

Penulis:  Annita

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama